Deretan Polisi Wanita Termuda yang Meraih Pangkat Jenderal di Polri

Kamis, 22 September 2022 - 12:31 WIB
loading...
Deretan Polisi Wanita Termuda yang Meraih Pangkat Jenderal di Polri
Sejumlah polisi wanita atau polwan tercatat berhasil meraih pangkat jenderal dalam usia yang lebih muda dibanding lainnya. Foto DOK media Polri
A A A
JAKARTA - Sejumlah polisi wanita atau polwan tercatat berhasil meraih pangkat jenderal dalam usia yang lebih muda dibanding lainnya. Pada perkembangannya, meski tidak sebanyak polisi laki-laki, beberapa polwan juga telah menembus pangkat Jenderal di Polri .

Untuk diketahui, jenderal sendiri merupakan golongan perwira tinggi yang terdiri dari Brigadir Jenderal Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, hingga Jenderal Polisi.

Baca juga : Ini 2 Jenderal Polisi di Polda Metro Jaya

Berikut deretan Jenderal polisi wanita termuda yang meraih pangkat jenderal di Polri :

1. Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi

Irjen Pol Ida Oetari tercatat sebagai polwan termuda yang meraih pangkat Jenderal bintang 1. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, polwan kelahiran Probolinggo 1964 ini tidak mengikuti pendidikan Akpol, melainkan berkuliah di Akademi Penilik Kesehatan Surabaya.

Dalam kariernya di kepolisian, Ida Oetari pernah bertugas sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri sebelum akhirnya menjadi Wakapolda Kalteng pada 2021 lalu.

Ida Oetari sendiri meraih pangkat Brigjen Pol pada tahun 2013. Mengacu pada tahun kelahirannya di 1964, dia meraih pangkat Jenderal pada usia 49 tahun. Terbaru, Ida juga kembali mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) akhir Agustus 2022 lalu.

2. Irjen Pol (Purn) Juansih

Irjen Pol (Purn) Juansih diketahui sebagai polwan pertama yang meraih gelar doktor di Korps Bhayangkara Polri. Dalam riwayat kariernya, polwan kelahiran Majalengka 2 Agustus 1964 pernah menjabat sebagai Karojianbang Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat Polri).

Juansih meraih kenaikan pangkat sebagai Brigjen Pol pada tahun 2017. Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1964, dia mendapatkan pangkat Jenderal saat usia 53 tahun dan menjadikannya salah satu Jenderal Polisi Wanita termuda saat meraih pangkat Jenderal.

Sebelum memasuki masa purna tugasnya, Juansih juga kembali kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).

3. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani

Dalam riwayatnya, Irjen Pol (Purn) Sri Handayani pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Kasetukpa) Lemdiklat Polri. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, polwan kelahiran Solo 14 April 1962 ini pernah menjadi atlet nasional lari gawang dan sudah banyak meraih prestasi.

Pada kariernya di dunia kepolisian, Sri Handayani pernah menempati berbagai jabatan strategis. Sebut saja seperti Wakapolda Kalimantan Barat, Wakapolres Metro Jakarta Selatan, hingga Kapolres Sragen.

Pada tahun 2016, dia mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigjen Pol. Jika melihat dari tahun kelahirannya di 1962, Sri Handayani meraih pangkat Jenderal pada usia sekitar 54 tahun.

Baca juga : Profil Jeanne Mandagi, Jenderal Polisi Wanita Pertama di Indonesia

4. Brigjen Pol (Purn) Jeanne Mandagi

Brigjen Pol (Purn) Jeanne Mandagi diketahui sebagai polwan pertama di Indonesia yang meraih pangkat Jenderal. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, wanita polwan kelahiran Manado 2 April 1937 ini mulai berkarier di kepolisian sejak tahun 1965.

Setahun berselang, Jeanne Mandagi dipercaya menjadi Kasi Hukum Polda Maluku. Pada 1970, dia bertugas sebagai Kepala Seksi Pembinaan Anak-anak, Pemuda, dan Wanita (Kasi Binapta) Polda Metro Jaya sekaligus Hakim Mahkamah Militer untuk wilayah Jakarta-Banten.

Setelahnya, pada 1989 polwan ini dipercaya untuk menempati posisi Kepala Divisi Penerangan Polri yang kini bernama Divisi Humas Polri. Sekitar tahun 1991, akhirnya Jeanne Mandagi pecah bintang. Dia mendapat kenaikan pangkat sebagai Brigadir Jenderal Polisi.

Mengacu pada tahun kelahirannya di 1937, Brigjen Pol (Purn) Jeanne Mandagi berpangkat Jenderal sejak usia 54 tahun.

5. Irjen Pol (Purn) Apriastini Bakti Bugiansri

Dalam kariernya di dunia kepolisian, Purnawirawan Polri ini pernah menempati posisi Kepala Pusat Sejarah Polri serta Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, polwan kelahiran 1 April 1964 ini bukanlah lulusan Akpol, melainkan jebolan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) tahun 1984. Setelahnya, dia melanjutkan pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira pada 1993 dan PTIK tahun 1997.

Pada jenjang pangkat yang dimiliki, Apriastini Bakti Bugiansri meraih pangkat Brigadir Jenderal Polisi pada tahun 2020. Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1964, polwan ini meraih pangkat Jenderal pada usia 56 tahun.

Tak hanya Brigjen Pol, Apriastini Bakti Bugiansri juga sempat mendapat kenaikan pangkat kembali menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen) sebelum akhirnya memasuki masa purna tugas pada 1 Mei 2022 lalu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)