Hasto Sindir SBY: Pemimpin Bicara Kecurangan Pemilu tapi Dijawab Sendiri

Rabu, 21 September 2022 - 18:47 WIB
loading...
Hasto Sindir SBY: Pemimpin Bicara Kecurangan Pemilu tapi Dijawab Sendiri
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyindir SBY yang bicara kecurangan pemilu dan diakui sendiri. Foto: MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyindir mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pemimpin yang sibuk berbicara kecurangan pemilu. Hal ini diungkapkannya dalam Pendidikan Kader Pratama (PKP) yang diinisiasi oleh DPC PDIP Kota Tangerang Selatan di Sekolah Partai, sore ini.

Awalnya Hasto mengajak kader parpolnya untuk mengedepankan intelektualitas dalam berpolitik seperti yang ditunjukkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno. Menurut dia, Bung Karno memerhatikan terjadinya feodalisme di tingkat global, sampai terjadi revolusi Prancis.

Tidak hanya itu, katanya, Bung Karno turut mempelajari Leninisme, Marxisme, dan Sosialisme hingga akhirnya Presiden pertama RI itu melahirkan Pancasila sebagai puncak ideologi dunia.

Baca juga: SBY Turun Gunung Hadapi Pemilu 2024, Hasto: PDIP Naik Gunung

"Jadi saudara sekalian, yang namanya pemimpin berbicara memadukan masa lalu untuk menyelesaikan masalah sekarang dan masa depan. Membangun masa depan, itu namanya pemimpin," kata Hasto dalam pidatonya, Rabu (21/9/2022).

Hasto merasa heran ada pemimpin yang berbicara kecurangan pemilu ketika pesta demokrasi itu bahkan belum digelar.

"Kalau pemimpin bicaranya ini terjadi kecurangan pemilu, ini ada kecurangan pemilu, padahal pemilunya saja belum berjalan. Tapi akhirnya sudah dijawab beliau sendiri. Sebab beliau mengatakan yang sering melakukan kecurangan pemilu, dahulunya melakukan kecurangan," ujarnya.

Hasto tak menyebut spesifik soal siapa yang disindirnya. Namun masih segar bahwa Hasto menggelar pernyataan pers beberapa hari lalu, membantah tuduhan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa ada dugaan kecurangan di Pilpres 2024.



Hasto pun meminta kader PDIP tidak diam menyikapi narasi kecurangan pemilu yang digulirkan seorang pemimpin. Terlebih isu itu mengarah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi, meskipun saat ini ada yang mengatakan pemilu curang, kita diam, tetapi ketika itu ditujukan kepada Pak Jokowi yang tugasnya saat ini berat. Kita membela Pak Jokowi saudara sekalian. Nah itu. Cuma jangan emosi," tuturnya.

Seperti diketahui, SBY menyatakan akan turun gunung menghadapi Pemilu 2024 karena mencium gelagat kecurangan.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1220 seconds (10.101#12.26)