5 Jenderal TNI yang Dimakamkan di TMP Kalibata, Terakhir Mantan Komandan Kopassus

Rabu, 21 September 2022 - 17:29 WIB
loading...
5 Jenderal TNI yang Dimakamkan di TMP Kalibata, Terakhir Mantan Komandan Kopassus
Sedikitnya ada lima Jenderal TNI yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Salah satunya Jenderal Widjojo Soedjono. Foto DOK Wikipedia
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima Jenderal TNI yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka merupakan orang yang telah berjasa untuk Indonesia.

TMP Kalibata juga telah menjadi Taman Makam Pahlawan Nasional . Melansir dari peraturan.bpk.go.id, penetapan TMP Kalibata menjadi Taman Makam Pahlawan Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 1976, pAsal 4 Ayat (1) UUD 1945.

Baca juga : Tiba di TMP Kalibata, Jenazah Tjahjo Kumolo Disambut Upacara Militer

Berikut lima Jenderal TNI yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata :

1. Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani

Gugurnya Jenderal TNI Ahmad Yani pada 1 Oktober 1965 yang menjadi korban keganasan G30S memberinya gelar Pahlawan Revolusi. Sehingga membuatnya ditempatkan di TMP Kalibata setelah penumpasan PKI.

Selain dirinya terdapat pula enam Jenderal TNI lain yang menyandang gelar Pahlawan Revolusi dan dimakamkan di tempat yang sama pula.

Mereka adalah Kapten Pierre Tendean, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen D.I. Pandjaitan, Letjen Siswondo Parman, Letjen Mas Tirtodarmo Haryono, dan Letjen Raden Suprapto.

2. Jenderal TNI Abdul Haris Nasution

Ketika pergerakan G30S terjadi, Jenderal A.H. Nasution menjadi salah satu Jenderal TNI yang menjadi incaran TNI. Namun dia berhasil selamat dari kejaran, sayangnya sang ajudan Kapten Pierre Tendean musti tertangkap dan menjadi korban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)