Bocah 12 Tahun Diperkosa hingga AIDS, Ketua DPW Perindo Sumut Minta Pelaku Dihukum Berat

Rabu, 21 September 2022 - 15:00 WIB
loading...
Bocah 12 Tahun Diperkosa hingga AIDS, Ketua DPW Perindo Sumut Minta Pelaku Dihukum Berat
Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sumatera Utara (Sumut) Rudi Zulham Hasibuan turut prihatin atas peristiwa yang menimpa anak berusia 12 tahun yang menjadi korban pemerkosaan selama lima tahun. Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Sumatera Utara ( Sumut ) Rudi Zulham Hasibuan turut prihatin atas peristiwa yang menimpa anak berusia 12 tahun yang menjadi korban pemerkosaan selama lima tahun. Pasalnya, korban tersebut sampai terjangkit virus HIV/AIDS.

Rudi menilai kejadian tersebut sangatlah terkutuk karena terjadi selama kurun waktu lima tahun. Diduga, kasus tersebut bermula pada 2017 sejak sang ibu berpisah dengan ayahnya.

Anak yang tinggal bersama ibunya setelah perpisahan tersebut, harus tinggal bersama pacar baru sang ibu. Pacar ibunya inilah yang diduga menjadi pelaku pertama rudapaksa yang menimpa korban yang saat itu masih berusia tujuh tahun.





Terkait ibunya yang tinggal seatap dengan pacar barunya ini, Rudi mempertanyakan bagaimana sistem keamanan di sekitar tempat tinggal korban. Menurutnya, bagaimana bisa sebuah lingkungan mengizinkan dua orang lawan jenis yang belum sah dalam ikatan perkawinan bisa kumpul dan hidup bersama di satu rumah.

"Gimana peran lingkungannya, kenapa tidak mendata," kata Rudi kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (20/9/2022).

Seiring berjalannya waktu, sang ibu dari anak 12 tahun ini meninggal dunia. Korban kemudian tinggal bersama nenek dan diduga di tempat tersebut korban kembali mendapatkan kekerasan seksual.

Tidak sampai di situ, korban yang sempat berpindah tempat tinggal dari Medan ke Palembang, harus balik lagi ke Medan untuk tinggal di rumah salah satu keluarganya yang disebut berprofesi sebagai mucikari. Kemudian, di tempat inilah korban lagi-lagi mendapatkan kekerasan seksual hingga jatuh sakit dan terindikasi terjangkit virus HIV/AIDS.

Atas rentetan kejadian tersebut, Rudi mempertanyakan peran sang ayah kandung dari korban. Ia menuturkan, ayah yang seharusnya menjadi tempat berlindung bagi anak, malah terkesan mengabaikan keselamatan anak.

"Bapaknya harus dimintai pertanggung jawaban. Karena di sana melekat hak asuh anak sekaligus tanggung jawab orang tua. Terlebih lagi, posisi anak sebagai korban tindak pidana," ujarnya.

Rudi menambahkan, para pelaku untuk ditindak secara tegas dengan hukum yang berlaku dan dihukum dengan seberat-beratnya. Dengan demikian, ia berharap memberikan efek jera bagi pelaku dan menjadikan pertimbangan bagi orang lain yang hendak melakukan kekerasan seksual.

Rudi menambahkan, Partai Perindo juga mengimbau kepada semua pihak untuk memastikan pemulihan hak korban, tidak hanya bantuan medis, tapi juga bantuan psikologisnya. "Kami dari Partai Perindo membuka diri untuk memberikan pendampingan jika diperlukan," ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)