Terkait Wabah Ebola, Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning

Sabtu, 09 Agustus 2014 - 07:37 WIB
Terkait Wabah Ebola, Indonesia Belum Keluarkan  Travel Warning
Terkait Wabah Ebola, Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan peringatan bepergian atau travel warning ke sejumlah negara di Afrika Barat, terkait antisipasi penyebaran virus ebola.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Gufhron Mukti mengatakan, Indonesia belum mengeluarkan travel warning.

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan akan mengadakan rapat intenal tekait keputusan World Health Organitation (WHO) terkait kewaspadaan
kesehatan internasional mengenai virus ebola.

Ali menilai, dari keputusan WHO tersebut ada respons secara terkoordinasi dari Internasional. Persoalan ebola sudah menyangkut lintas batas negara internasional.

"Iya itu pernyataan dari WHO bahwa ebola membahayakan dan terajdi keadaan yang tidak biasa. Maka dunia internasional merespons itu," ujar Ali saat dihubungi, Jumat 8 Agustus 2014.

Ali mengungkapkan, sebelumya pemerintah telah mempersiapkan laboratorium di Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balibangkes).

Dia menjelaskan, Laboratorium itu mampu melakukan pemeriksaan apakah seseorang terkena ebola atau tidak.

Dia menambahkan, pihaknya juga memperketat pengaasan di pelabuhan melalui kantor kesehatan pelabuhan. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan upaya mengantisipasi penularan virus ebola kepada jamaan haji.

Hal itu dilakukan karena sudah ada warga Arab Saudi yang di duga terkena virus ebola."Kami lakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi," katanya.

Ali mengatakan, permasalahan ini bukan hanya urusan Kementerian Kesehatan, tapi juga melibatkan instansi lain, seperti Kementerian Luar Negeri dan dan Kementerian Perhubungan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9541 seconds (0.1#10.140)