Azyumardi Wafat, Anies: Konsisten dalam Menjaga Keterbukaan dan Demokrasi Berkualitas

Minggu, 18 September 2022 - 21:53 WIB
loading...
Azyumardi Wafat, Anies: Konsisten dalam Menjaga Keterbukaan dan Demokrasi Berkualitas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berbela sungkawa atas kepergian Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra di Rumah Sakit Selangor, Malaysia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berbela sungkawa atas kepergian Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra . Azyumardi tutup usia usai menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Anies mengatakan, mendiang Azyumardi konsisten dalan menjaga keterbukaan informasi dan suasana demokrasi yang berkualitas.

"Kita bangsa Indonesia merasa kehilangan dengan wafatnya Prof. Dr. Azyumardi Azra. Beliau adalah seorang yang amat konsisten di dalam mengartikulasikan pikirannya.kata Anies kepada awak media usai meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

"Beliau konsisten di dalam menjaga keterbukaan dalam menjaga suasana demokrasi menjadi berkualitas. Beliau tidak segan untuk melontarkan pandangan-pandangan walaupun belum tentu pandangan itu disuka oleh pemerintah," tambahnya.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

Tapi kata Anies, Prof Azra memilih untuk selalu berada sebagai penjaga demokrasi.

"Saya ingin menyampaikan kepada keluarga rasa duka cita kita semua di Jakarta merasa kehilangan dan saya yakin semua juga dunia pers kehilangan beliau sebagai salah satu penjaga tonggak integritas di dalam media kita sebagai Ketua Dewan Pers," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies turut berdoa agar almarhum ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT. Tak hanya itu, Ia berdoa agar ilmu yang telah disampaikan almarhum dicatat sebagai amal jariyah yang terus mengalir.

"Insya Allah kami yakin beliau Husnul Khotimah, ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan semua ilmu yang telah beliau sampaikan nantinya akan mengalir sebagai pahala catatan amal jariyah yang mengalir tanpa henti untuk almarhum," ucap Anies.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)