Airlangga Hartarto: Tradisi Yaa Qowiyyu, Dakwah Damai Memperkuat Rakyat

Minggu, 18 September 2022 - 13:58 WIB
loading...
Airlangga Hartarto: Tradisi Yaa Qowiyyu, Dakwah Damai Memperkuat Rakyat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turut serta memeriahkan Saparan Apem Yaa Qowiyyu di Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gelaran budaya tahunan Saparan Apem Yaa Qowiyyu yang sempat terhenti saat pandemi Covid-19 kembali diselenggarakan pada tahun ini di Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). Dalam rangkaian kunjungan ke Provinsi Jawa Tengah, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turut serta memeriahkan Saparan Apem Yaa Qowiyyu sebagai bentuk penghormatan dan upaya merawat peninggalan leluhur yang sudah dimulai sejak 403 tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, Menko Airlangga merupakan keturunan langsung dari Kiai Ageng Gribig. "Karena ini amanat orang tua, jadi ayah saya yang masih keturunan Kiai Ageng Gribig, kemudian diminta kepada kami untuk melanjutkan tradisi ini," tutur Airlangga dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Sejarah panjang Yaa Qowiyu berawal saat Kiai Ageng Gribig pulang menunaikan ibadah haji dari Tanah Suci Mekkah membawa oleh-oleh kue untuk dibagikan kepada murid-muridnya di Jatinom. Namun karena jumlah murid yang sangat banyak, akhirnya beliau membuat kue dari bahan tepung beras yang kemudian dikenal dengan kue apem.

Baca juga: Airlangga Hartarto Bersama Ganjar Pranowo Bagikan Apem di Haul KH Ageng Gribig

Aktivitas tersebut berkembang menjadi tradisi yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Jatinom dengan menyebarkan ribuan apem di selatan masjid kompleks pemakaman Kiai Ageng Gribig.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa yang dilakukan Kiai Ageng Gibrig adalah sebagai bentuk dakwah yang inovatif dan memiliki dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar. "Saparan Apem Yaa Qowiyyu adalah inovasi pada zamannya Kiai Ageng Gribig untuk melakukan dakwah secara damai, dan saat ini berdampak juga pada geliat ekonomi masyarakat," kata Menko Airlangga saat membuka Tradisi Yaa Qowiyyu yang dihadiri ratusan ribu masyarakat di Jatinom.

Menurutnya, secara filosofi bahwa tradisi ini sarat akan makna serta doa untuk seluruh umat Islam di Indonesia. "Yaa Qowiyyu Yaa Aziz, yaa qowiyyu wal muslimin Yaa Qowiyyu war zukna wal muslimin. Artinya berilah kekuatan kepada kami segenap kaum muslimin," tambah Airlangga.

Tak sendirian, Menko Airlangga didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada kegiatan tersebut. Ganjar menyampaikan bahwa seluruh masyarakat rindu dengan acara haul Kiai Ageng Gribig yang sudah absen digelar sejak pandemi Covid-19 melanda.

"Kita kangen suasana seperti ini, alhamdulillah semua dikasih waras. Acara yaqowwi ini adalah doa agar kita semua diberi kekuatan, bisa bangkit karena kuat," kata Ganjar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)