Terpilih Jadi Sekjen Senapati Nusantara, Hasto Dorong Kesadaran Kebudayaan Bersama

Minggu, 18 September 2022 - 10:56 WIB
loading...
Terpilih Jadi Sekjen Senapati Nusantara, Hasto Dorong Kesadaran Kebudayaan Bersama
Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal sekaligus Ketua formatur Senapati Nusantara (SN) berdasarkan Musyawarah Agung yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (17/9/2022) malam. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal sekaligus Ketua formatur Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) berdasarkan Musyawarah Agung yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (17/9/2022) malam. Dalam kesempatan itu, Hasto juga menerima sejumlah cendera mata dari sejumlah paguyuban, lembaga, dan komunitas pelestari Tosan Aji.

Pihak pertama yang menyerahkan cendera mata adalah Empu Faturrahman dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Dia membawa cendera mata berupa keris , persembahan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Empu Faturrahman sendiri yang menempa keris itu. Bahan keris itu dipukul pertama kali oleh Hasto di Keraton Sumenep pada 2018. Cendera mata kedua ialah pataka dan plakat dari Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Hasto Kristiyanto mengatakan, Senapati Nusantara merupakan organisasi yang memiliki kesadaran kebudayaan di setiap anggotanya. Hasto menilai sangat jarang ada organisasi yang benar-benar memiliki kekuatan dan kehendak langsung dari akar rumputnya.

Baca juga: 7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara

Dengan kesadaran seluruh anggota paguyuban terhadap kebudayaan, dan mengambil falsafah tosan aji, serta membangun jaringan dengan penggiat budaya nusantara lainnya, maka Senopati Nusantara terus berjuang mendorong gerakan kebudayaan agar bangsa Indonesia berdiri kokoh pada karakter dan jati dirinya.

"Organisasi ini merupakan kesadaran arus bawah, pergerakan dari bawah. Karena dari bawah, ini tak bisa dihentikan siapa pun," kata Sekjen PDIP ini.

Hasto mengatakan Senapati Nusantara juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan NKRI yang dari pihak-pihak yang ingin merongrong ideologi Pancasila dan mereka yang mencoba memisahkan kebudayaan dari kehidupan berbangsa. "Kita hadir di tengah rakyat menggerakkan semangat itu," ujar politikus asal Yogyakarta itu.

Selain itu, Hasto juga mendorong pengurus Senapati Nusantara nantinya semakin kreatif dalam mengampanyekan Tosan Aji dan kebudayaan Tanah Air. Dia berharap pengurus Senapati Nusantara bisa mengenalkan keris kepada Duta Besar negara sahabat yang berada di Jakarta dan Duta Besar Indonesia yang ada di luar negeri.

Baca juga: Pertempuran Sengit Keris Condong Campur Melawan Keris Kiai Sangkelat dari Raden Fatah

"Jadi, Duta Besar itu ketika menerima tamu akan memberikan cendera mata keris. Ini kan juga peluang kita mengenalkan keris untuk dunia," kata Hasto.

Setelah memberikan sambutan sebagai tanda Musyawarah Agung selesai dilaksanakan, Hasto juga melihat Sekretariat Senapati Nusantara yang baru.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)