Kinerja Semua Menteri Harus Dimaksimalkan untuk Tingkatkan Kepuasan Publik

Rabu, 14 September 2022 - 20:43 WIB
loading...
Kinerja Semua Menteri Harus Dimaksimalkan untuk Tingkatkan Kepuasan Publik
Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bisa terus meningkat. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kinerja semua menteri dinilai perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah. Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bisa terus meningkat.

Syaratnya adalah semua kementerian berkinerja maksimal. "Sekarang kita akui ada kementerian yang kinerja bagus, seperti Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri. Makanya kepuasan publik terhadap Presiden bisa 70%. Tapi kita juga bisa melihat ada kementerian yang belum perform. Itulah yang harus diperbaiki," ujar Emrus, Rabu (14/9/2022).

Tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Presiden berdasarkan hasil survei Poligov di antaranya karena capaian pemerintah dalam pembangunan infrastruktur. Kata Emrus, hal tersebut menandakan kinerja Kementerian PUPR maksimal.





Adapun contoh lainnya, Indonesia termasuk salah satu negara yang berhasil menanggulangi pandemi Covid-19. Hal tersebut pun dinilai sebagai bukti bahwa kementerian terkait bekerja sesuai harapan masyarakat.

"Tapi ada kementerian lain yang kinerjanya masih patut dipertanyakan. Kemendag masih dipersepsikan dengan isu minyak goreng, Kementerian Pertanian terkait ketersediaan pangan," imbuhnya.

Dirinya berharap semua menteri bekerja profesional di sisa masa jabatan Presiden Jokowi. Fokus menjalankan program untuk kesejahteraan rakyat. Lebih lanjut dia mengatakan, jika ada menteri yang tidak berkinerja baik, Presiden bisa mengganti dengan sosok yang lebih berpengalaman.

Diketahui, hasil survei Poligov menyebutkan kepuasan publik terhadap kinerja Presiden sebesar 60%. Sedangkan survei LSI menyebut kepuasan publik terhadap kinerja Presiden 72,3%, Voxpopuli 75,3% dan Indikator Politik Indonesia di angka 65%.

"Memang angka 70% itu sudah bagus. Tapi pemerintah ini kan sudah dua periode. Sudah banyak perbaikan seharusnya. Kabinet kedua ini harus lebih fokus dan profesional. Seharusnya kepuasan publik terhadap Jokowi 80%. Menteri yang berkontribusi tinggi harus tetap memacu kinerja," pungkas Emrus.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3965 seconds (0.1#10.140)