BPOM Setuju Vaksin Covovax Dipakai Booster untuk Usia Lebih dari 18 Tahun

Senin, 12 September 2022 - 23:29 WIB
loading...
BPOM Setuju Vaksin Covovax Dipakai Booster untuk Usia Lebih dari 18 Tahun
Kepala BPOM Penny K. Lukito setuju vaksin Covovax dipakai booster untuk usia lebih dari 18 tahun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) telah memberi persetujuan perluasan Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Covovax untuk penambahan posologi dosis booster homolog untuk usia 18 tahun atau lebih.

"Dalam penggunaannya sebagai booster homolog, Vaksin Covovax diberikan dalam 1 dosis (0.5 mL), sekurang-kurangnya 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer dengan Vaksin Covovax," ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito, Senin (12/9/2022).

Menurutnya, dalam pemberian izin edar obat termasuk EUA vaksin, BPOM mengutamakan aspek khasiat, keamanan, dan mutu serta pertimbangan ilmiah berdasarkan rekomendasi Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19, Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), dan asosiasi klinisi.

Baca juga: BPOM: Sinovac Jadi Vaksin Pertama yang Terdaftar untuk Anak Usia 6-11 Tahun

"Pemberian EUA Vaksin Covovax sebagai booster homolog dilakukan setelah BPOM bersama para ahli melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan khasiat berdasarkan data-data uji klinik yang juga menjadi acuan para ahli yang terlibat," tuturnya.

Baca juga: Didanai APBN, Vaksin Indovac Awalnya Gratis Setelah Itu Dijual Rp100.000 Per Dosis

Adapun vaksin Covovax merupakan vaksin Covid-19 dengan platform protein subunit glikoprotein spike menggunakan adjuvant Matrix-M1 yang dikembangkan Novavax Inc., USA. Vaksin ini diproduksi oleh Serum Institute of India Pvt. Ltd., India dan didaftarkan di Indonesia oleh PT Indofarma.

Vaksin Covovax merupakan satu dari 13 vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia pada 31 Oktober 2021, dengan indikasi untuk vaksinasi primer pada usia 18 tahun atau lebih.

Setelah itu, BPOM mengeluarkan persetujuan perluasan EUA vaksin Covovax untuk penambahan indikasi vaksinasi primer pada anak usia 12 tahun atau lebih pada 28 Juni 2022.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1314 seconds (11.210#12.26)