Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 09 September 2022 - 13:38 WIB
loading...
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada hari ini, Jumat 9 September 2022. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada hari ini, Jumat 9 September 2022. Ia menggambarkan Ratu Elizabeth sebagai sosok yang dikagumi.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya, Jumat (9/9/2022).



Jokowi pun menyampaikan simpatinya atas kepergian Ratu Inggris yang telah bertakhta selama 70 tahun itu.

"Simpati terdalam dan belasungkawa saya yang tulus kepada Keluarga Kerajaan, pemerintah dan rakyat Inggris," kata Jokowi.

Diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat(9/9/2022) dalam usia 96 tahun. Ratu Elizabeth II mengembuskan nafas terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya dilaporkan mengkhawatirkan.

Sebelumnya Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II berada dalam pengawasan medis karena para dokter "khawatir akan kesehatan Yang Mulia". Kabar itu muncul ketika anggota keluarga kerajaan Inggris melakukan perjalanan bersama ratu berusia 96 tahun itu di Skotlandia.

Pengumuman itu datang sehari setelah ratu membatalkan pertemuan Dewan Penasihatnya dan disuruh istirahat. Pada Selasa, ia sempat memimpin upacara penyerahan kekuasaan kepada Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru Liz Truss di kediaman musim panasnya di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth II menandai tujuh dekade di atas takhta tahun ini. Dia semakin banyak menyerahkan tugas kepada ahli warisnya, Pangeran Charles, dan anggota keluarga kerajaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir saat dia kesulitan untuk berkeliling.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4044 seconds (0.1#10.140)