Dukung Ketahanan Pangan Nasional, TNI AL Tanam Bibit Sorgum Serentak di 77 Lokasi

Jum'at, 09 September 2022 - 13:36 WIB
loading...
Dukung Ketahanan Pangan Nasional, TNI AL Tanam Bibit Sorgum Serentak di 77 Lokasi
TNI Angkatan Laut (AL) menggelar penanaman bibit sorgum secara serentak di 77 lokasi di Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar penanaman bibit sorgum secara serentak di 77 lokasi di Indonesia. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bukti bahwa TNI AL turut mendukung ketahanan pangan nasional.

"Hari ini kita menanam secara serempak di satuan TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia sebanyak 77 titik," kata Heri di Kampung Neglasari, Desa Mekarwangi Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Membangun Otot TNI AL

Heri menjelaskan, pihaknya sengaja memilih tanaman sorgum sebagai alternatif padi dan gandum karena dinilai mampu menahan air. Selain itu kata Heri, sorgum juga dianggap memiliki kadar gula yang cukup rendah serta tak banyak mengandung kolesterol.

"Sorgum ini merupakan tanaman sehat artinya produknya adalah produk gula rendah dan juga tidak banyak mengandung kolesterol," ujarnya.

Heri berharap, masyarakat dapat memanfaatkan sorgum sebagai makanan alternatif selain padi dan gandum. "Harapan saya adalah bisa terealisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat punya alternatif lain untuk mengkonsumsi," ucapnya.

Baca juga: Ratusan Prajurit TNI AL Ikut Sosialisasi BPIP

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara TNI AL dengan Kementerian Pertanian.

Pihaknya kata Wamentan, memberikan bibit sorgum kepada TNI AL untuk ditanam secara serentak. "Ini bibit lokal, tidak ada sama sekali yang impor, ini sesuai arahan Presiden, hasil negara kita sendiri," katanya.



Harvick menegaskan, sorgum bukanlah pengganti padi, namun merupakan makanan alternatif. "Mudah-mudahan ini bisa kita kembangkan terus, jadi bukan hanya di AL, tetapi di masyarakat juga. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tolak ukur baru bahwa Indonesia ini kaya," ucapnya.

Harvick berharap, kerja sama antara Kementerian Pertanian dan TNI AL itu bisa menjadi pilot project bagi instansi atau lembaga pemerintahan lainnya.

"Insya Allah mudah-mudahan dari kegiatan hari ini dapat membawa hasil menjadi pilot project tentunya di semua lembaga, kementerian juga instansi yang lain," tutupnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1131 seconds (10.55#12.26)