Perkuat Pertahanan di Perbatasan, TNI AL Gelar Karbak Wiltas di Lombok dan Kupang

Kamis, 08 September 2022 - 21:42 WIB
loading...
Perkuat Pertahanan di Perbatasan, TNI AL Gelar Karbak Wiltas di Lombok dan Kupang
TNI AL menggelar Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) di Lombok dan Kupang. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) menggelar Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) 2022 di Lombok dan Kupang. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperkuat pertahanan, dan mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi AS. selaku penanggung jawab kegiatan Karbak Wiltas menjelaskan, kegiatan ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Di mana kehadiran TNI Angkatan Laut baik personel maupun Kapal Republik Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) memiliki manfaat positif bagi lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini merupakan program TNI AL yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dispotmaral dengan sasaran daerah perbatasan atau daerah terluar yang strategis, dan rawan dari aspek pertahanan dan keamanan negara. Oleh sebab itu perlu mendapat perhatian khusus dalam hal pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat,” katanya, Kamis (8/9/2022).



Penyelenggaraan Karbak Wiltas, kata dia, diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di daerah dalam menghadapi ancaman dan terwujudnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya. Dengan demikian, tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI AL dengan Rakyat.

”Kegiatan Karbak Wiltas dilaksanakan di Desa Awang Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 30 Agustus sampai dengan 1 September 2022 dan Desa Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 6-8 September 2022,” ucapnya.



Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Karya Bakti TNI AL Wilayah Perbatasan TA. 2022 ini adalah “Melalui Karya Bakti Wilayah Perbatasan Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Daaerah dan Upaya Mempererat Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini meliputi kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan bersifat fisik meliputi renovasi tempat ibadah, rumah pintar, fasilitas umum, pembuatan tempat sampah dan pengolahan sampah, perbaikan tanggul penahan air laut dan suar navigasi.

"Sedangkan kegiatan yang bersifat non fisik meliputi pelayanan kesehatan berupa kesehatan umum, penyuluhan tentang stunting, bahaya Covid 19 dan protokol kesehatan. Selain itu juga dilaksanakan penyuluhan dengan materi bela negara, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila, kelautan dan perikanan serta penyuluhan tentang wilayah perbatasan," ucapnya.

Kegiatan Karbak Wiltas ini ditutup di Desa Sulamu, Kabupaten Kupang. Acara penutupan dihadiri Kadispotmaral, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI Heribertus Yudho Warsono, Bupati Kupang Korinus Masneno beserta Forkopimda, para Asisten Danlantamal VII, para tokoh masyarakat dan agama serta pemuda termasuk organisasi kemasyarakatan.

Dalam kesempatan itu, TNI AL menyerahkan bantuan kepada masyarakat Desa Sulamu berupa 1 unit motor bak sampah yang diserahkan secara simbolis oleh Kadispotmaral dan mesin pencacah plastik yang secara simbolis diserahkan oleh Danlantamal VII Kupang.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)