Persiapan PKS dan Partai Demokrat Hadapi Pemilu 2024

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:45 WIB
loading...
Persiapan PKS dan Partai Demokrat Hadapi Pemilu 2024
Politikus PKS Pipin Sopian (kanan atas) dan Politikus Demokrat Herzaky Mahendra Putra (kanan bawah) di Webinar Election Talk seri #1 dengan tema Persiapan Partai Politik menjelang Pemilu 2024: Tantangan dan Peluang. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Semua partai politik (parpol) yang akan bertarung dalam Pemilu 2024 sudah melakukan persiapan, termasuk Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) dan Partai Demokrat. Dalam Webinar Election Talk seri #1 dengan tema “Persiapan Partai Politik menjelang Pemilu 2024: Tantangan dan Peluang” yang digelar Pusat Riset Politik - BRIN bekerja sama dengan International IDEA, kedua parpol ini pun mengungkapkan persiapannya.

Politikus PKS Pipin Sopian mengatakan, partainya berjalan dengan konsep dan sistem yang telah dibangun dengan baik. PKS juga memiliki modal untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Modalnya yakni militansi kader dan kerja kolektif yang dibangun oleh PKS. Menghadapi proses Pemilu 2024 yang kita lakukan adalah menyiapkan kader-kader terbaik. Proses rekrutmen pencalegan juga sangat memelihara bagaimana dari sisi integritas, kapasitas kemudian penerimaan publik terhadap para caleg-caleg itu," katanya saat menjadi narasumber webinar yang digelar secara daring, Kamis (25/8/2022).





Dia mengatakan, PKS telah membuat parameter untuk rekrutmen caleg. Sehingga tidak ada caleg yang punya modal besar didukung oleh oligarki. PKS memiliki sistem yang sudah mapan sehingga tidak ada politik uang atau money politik di internal partai. "Jadi itulah yang kami bangun sampai saat ini," ujarnya.

Pipin menambahkan, para kader sadar bahwa PKS adalah partai yang tidak memiliki kekuatan uang secara kuat. Maka kesadaran anggota partai untuk mau berkontribusi, berpartisipasi dalam politik sangat kuat.

Salah satu yang dilakukan adalah membuat tabungan pemilu. "Kami punya tabungan pemilu. Jadi dalam menghadapi pemilu nanti anggota PKS sudah menyiapkan tabungan pemilu. Siapa pun calonnya yang didukung maka kita akan support," katanya.

"Inilah strategi kami. Ketika memahamkan kepada kader, ya bahwa berpolitik adalah bagian dari ibadah. Kita berkontribusi dalam perbaikan bangsa ini dengan menempatkan orang-orang terbaik sehingga melahirkan kebijakan yang terbaik, tidak berpihak kepada para cukong atau para koruptor," sambungnya.

Dia melanjutkan, PKS memastikan bahwa keberpihakan partai adalah kepada rakyat secara umum. Itu terus disampaikan pengurus partai proses kaderisasi dan saat pembinaan kader.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)