Upaya BNPT Suburkan Nasionalisme lewat Warung NKRI Terus Dapat Dukungan

Senin, 22 Agustus 2022 - 21:13 WIB
loading...
Upaya BNPT Suburkan Nasionalisme lewat Warung NKRI Terus Dapat Dukungan
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dengan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi sepakat bekerja sama mengembangkan Warung NKRI untuk menumbuhkan nasionalisme di masyarakat. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) menyuburkan nasionalisme melalui Warung NKRI mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari perusahaan BUMN Bank Mandiri. Warung NKRI merupakan singkatan dari Wadah Akur Rukun Nurani Gelorakan NKRI.

Rencana tersebut dibahas dalam pertemuan antara Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dengan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Kerja sama formal antara BNPT dan Mandiri akan diwujudkan melalui perjanjian kerja sama yang ditandatangani dalam waktu dekat.

Baca juga: Program Deradikalisasi, BNPT Siapkan Eks Napi Terorisme Jadi Petani Kopi

Boy Rafli menyatakan, dalam melawan terorisme, BNPT menggandeng semua kalangan melalui konsep pentahelix termasuk BUMN seperti Bank Mandiri. “Kita bikin program warung dengan ada ornamen Merah Putih dan obrolan-obrolan tentang kebangsaan,” katanya, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Mahfud MD: 1.370 Orang Jadi Korban Terorisme di Indonesia

Menurut Boy, obrolan tentang kebangsaan secara otomatis akan menangkal radikalisme dan terorisme. Upaya menangkal radikalisme melibatkan semua pihak mulai pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat luas.

Sementara itu Dirut Bank Mandiri, Darmawan Junaid menyatakan dukungannya kepada BNPT dalam upaya melawan terorisme. Tidak dipungkiri ideologi radikal terorisme rentan menyerang berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh pihak harus berkontribusi dalam mencegahnya. "Program ini inline dengan kami, satu sisi untuk mencegah paham-paham radikal dan juga untuk menggerakkan ekonomi," kata dia.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1579 seconds (11.97#12.26)