Gagas Gerakan NU Women, PBNU Pertegas Komitmen pada Isu Kekerasan Perempuan

Minggu, 21 Agustus 2022 - 17:19 WIB
loading...
Gagas Gerakan NU Women, PBNU Pertegas Komitmen pada Isu Kekerasan Perempuan
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf membuka Program Workshop dan Penyusunan Kerangka Blueprint dan Roadmap Abad ke-2 Gerakan Perempuan NU (NU Women). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang satu abad Nahdlatul Ulama, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf membuka Program Workshop dan Penyusunan Kerangka Blueprint dan Roadmap Abad ke-2 Gerakan Perempuan NU (NU Women) .

Gus Yahya, sapaan akrabanya mengatakan NU Women merupakan gerakan yang dibentuk secara khusus untuk merespons berbagai persoalan dan dinamika seputar isu keperempuanan.

"Forum ini diinisasi untuk membangun gerakan perempuan NU di dalam menyonsong fenonema perubahan-perubahan besar dalam konteks beragama dan untuk menemukan satu konstruksi yang tepat dalam perspektif Islam dan persepektif NU tentang bagaimana perempuan itu berperan dalam merenspons isu-isu perempuan," ujar dia di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/8/2022).

Gus Yahya pun menerangkan isu seputar perempuan sangat kompleks sesuai perkembangan zaman. Dalam menyikapi berbagai isu yang semakin kompleks in, NU Women didorong untuk memahami posisi, peran, dan fungsinya.

Tidak hanya itu, NU Women menjadi aktor dalam gerakan perubahan seputar masalah perempuan yang semakin kompleks dan rumit. Semua ini dapat terjawab hanya dengan komitmen dan kerja sama yang solid.

"Di dalam semua isu itu, perempuan harus mengerti di mana posisi, peran fungsi di tengah dinamika masyarakat yang ada sehingga perempuan bisa menjadi aktor yang relevan di dalam membangun masa depan peradaban yang lebih baik," jelasnya.

Terkait keberadaan NU Women sendiri, Gus Yahya menegaskan ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari gerakan NU secara menyeluruh. NU Women juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari persiapan menuju satu abad NU.

"NU Women ini hanya satu klaster kegiatan menuju satu abab NU. Segala kemungkinan itu tentu menjadi bagian dari eksplorasi dalam klaster kegiatan. Kegiatannya bukan hari ini saja, ini menjadi satu rangkaian kegiatan yang dinamis sampai Februari tahun depan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Organizing Committee (OC) NU Women Hj Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid mengatakan NU Women merupakan sebuah langkah progresif dalam menyikapi isu-isu perempuan. Selain itu, NU Women ini merupakan gerakan besar yang mempertemukan seluruh gerakan aktivis perempuan NU.

"Ini merupakan sebuah langkah yang sangat progresif sekali. Tentunya kita sangat apresasi terhadap langkah yang ada. Perempuan NU ini sebenarnya ruang perjumpaan di antara banyak jaringan-jaringan NU. Selama ini memang sudah ada tetapi kita dipertemukan dalam sebuah gerakan besar," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)