Ganjar Sebut Indonesia Tak Akan Maju Kalau Masih Diseret pada Politik Identitas

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 18:46 WIB
loading...
Ganjar Sebut Indonesia Tak Akan Maju Kalau Masih Diseret pada Politik Identitas
Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menilai, Indonesia tidak akan pernah maju ketika menggunakan politik identitas dalam kontestasi politik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai Indonesia tidak akan pernah maju ketika menggunakan politik identitas dalam kontestasi politik. Pasalnya, Indonesia kini juga berhadapan dengan masalah duni.

Ganjar mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan, dunia sedang tidak baik-baik saja. Artinya, Indonesia seharusnya sudah berfokus pada problem dunia seperti problem energi, pangan hingga teknologi informasi.

"Problem energi, problem pangan, problem teknologi informasi yang sekarang sudah mendunia," kata Ganjar di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2022).

"Maka sebenarnya kalau hari ini kita masih ditarik-tarik baju kita, diseret-seret pada politik identitas kita akan recok dibelakang terus kita tidak pernah maju," tambahnya.

Baca juga: Demokrasi Indonesia Dinilai Masih Diwarnai Politik Identitas

Oleh sebabnya Ganjar menilai, setiap tokoh-tokoh politik mestilah membawa dan menyampaikan gagasannya masing-masing dengan baik. Menurutnya, tak perlu lagi dibumbui dengan politik identitas.

"Maka kita berharap betul siapapun nanti yang akan membawa gagasan-gagasan sampaikanlah gagasan itu dengan baik, jangan dibumbui dengan identitas," tuturnya.

Apalagi, para ilmuwan juga menyebut bahwa politik identitas biasanya dibawa oleh tokoh-tokoh yang minim dengan gagasan.

"Meskipun saya juga tahu kata ilmuwan-ilmuwan kalau orang gapunya ide itu, gapunya gagasan itu biasanya dibawahi identitas itu karena kekeringan politik itu," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)