Rayakan HUT Ke-77 RI, KSAD Dudung Nyanyikan Lagu Satria Indonesia Bersama Rumpies

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:38 WIB
loading...
Rayakan HUT Ke-77 RI, KSAD Dudung Nyanyikan Lagu Satria Indonesia Bersama Rumpies
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman sangat terkesan dengan lagu Satria Indonesia yang karya Trie Utami. Foto/dispenad
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin peluncuran lagu 'Satria Indonesia' di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Peluncuran dilakukan bersama bersama sederet musisi Tanah Air dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia.

Tampak para diva Indonesia seperti Yuni Shara, Memes, Ita Purnamasari, Vina Panduwinata, dan Trie Utami yang tergabung dalam kelompok musik Rumpies. Mereka menyanyikan lagu 'Satria Indonesia' hasil aransemen komponis Purwacaraka.



Seusai bernyanyi bersama, Dudung menceritakan soal ketertarikannya dengan lagu terbaru Rumpies yang berjudul Satria Indonesia. Tanpa pikir panjang, kata Dudung, saat diajak komponis Purwacaraka untuk menjadikan Satria Indonesia sebagai sebuah gerakan untuk membangkitkan semangat anak muda, ia pun langsung menyetujui.

"Dan kemudian mereka masing-masing perguruan tinggi membuat sebuah gerakan. Dan saya sampaikan ke Purwacaraka, saya bilang. 'pak, yang begini-gini ini saya paling suka. Makanya saya tidak berpikir panjang, mari kita laksanakan, mari kita lakukan," ucap Dudung saat sambutan.

Dudung juga menyebut bahwa ia terkesan dengan lagu 'Satria Indonesia' yang ternyata hasil karya penyanyi sekaligus penulis lagu Trie Utami, vokalis grup musik jazz legendaris Indonesia, Krakatau.

"Apalagi saya melihat syair lirik yang dibuat oleh Mbak Trie Utami Liriknya luar biasa. Di sini dikatakan indonesia adalah harga hidup kita, Tak boleh terbelah, tak akan berubah, merah putih harus berkibar selamanya, garuda bertahan dalam dada, ini luar biasa," kata Dudung.

"Ini dibentuk karena memang perbedaan, karena kebhinekaan bukan dari salah satu kelompok, kepentingan kelompok, kepentingan golongan, tetapi dibangun karena kebersamaan dengan persatuan kesatuan," sambungnya.



Pada kesempatan yang sama, Purwacaraka mengatakan bahwa alasannya menggagas dan membuat lagu 'Satria Indonesia'. Karena berangkat dari keresahan atas perpecahan yang terjadi di Indonesia.

"Semua itu kami tuangkan dalam sebuah lagu yang berjudul Satria Indonesia yang sudah di komposisi dan diciptakan Mbak Tri Utami. Dengan tujuan agar setiap orang yang menyanyikan lagu ini bukan saja akan memiliki rasa kebangsaan yang tinggi, tapi juga memiliki komitmen dalam statement yang tegas," tuturnya.

Untuk diketahui, Jenderal Dudung turut merayakan HUT ke-77 RI di Mabes AD sekaligus peluncuran lagu 'Satria Indonesia' dengan 831 peserta, terdiri dari artis, perwakilan mahasiswa beserta dosen dan rektor dari 77 perwakilan perguruan tinggi di Indonesia, Rabu (17/8/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)