Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton

Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:31 WIB
loading...
Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2021). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2021). Pakaian tersebut berwarna merah sangat terang dengan detail embroidery silver menghiasi body pakaian tersebut.

Peci merahnya pun cukup menarik dilihat, terlebih ada motif di bagian tengah. Untuk innernya Jokowi mengenakan semacam kemeja etnik berwarna silver full embroidery. Ia paduan dengan jas merah.

Tak lupa di sana ditambahkan kain seperti sarung berwarna hitam putih yang dikenakan serupa dengan pria Melayu dengan kain songketnya. Sementara itu, untuk celana dia mengenakan celana satu set dengan outer yang dikenakan.





Jika diperhatikan detailnya, ada semacam senjata yang diselipkan di sisi kiri tubuh Jokowi, sebagai bagian dari aksesori pakaian. Tongkat hitam dengan ujung emas menyempurnakan gayanya bak Raja.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Sementara itu, terlihat di belakangnya Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian senada dengan sang suami, tapi dengan warna berbeda. Ya, Iriana mengenakan pakaian adat berwarna ungu. Embroidery yang ada di pakaian tersebut berwarna emas, tampak begitu elegan.

Iriana Jokowi mengenakan headpiece super besar dan tinggi yang sepertinya terbuat dari emas. Wastra Nusantara terlihat sangat indah menyempurnakan gaya tampilannya. Alas kakinya, Iriana Jokowi mengandalkan sandal Hermes.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)