6 Catatan Anggota DPR atas Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Nomor 5 Dukung IKN Lanjut

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:08 WIB
loading...
6 Catatan Anggota DPR atas Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Nomor 5 Dukung IKN Lanjut
Anggota DPR I Wayan Sudirta memberikan beberapa catatan atas pidato kenegaraaan Presiden Joko Widodo menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR. FOTO/DOK.DPR
A A A
JAKARTA - Anggota DPR I Wayan Sudirta memberikan beberapa catatan atas pidato kenegaraaan Presiden Joko Widodo menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Dari mulai krisis global hingga polarisasi sosial yang harus dihindari.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, hal pertama yang dia soroti adalah soal krisis global yang telah membawa dampak luar biasa bagi dunia, kemiskinan ektrem, dan kelangkaan pangan. Menurut Wayan, dalam pidatonya Jokowi optimistis Indonesia mampu melewati masa krisis ini karena fundamental perekonomian yang baik.

"Hal ini perlu kita apresiasi dan kita dukung agar tahun 2023 Indonesia tetap dapat aman dari pengaruh krisis global," kata Wayan Sudirta, Selasa (16/8/2022).



Catatan selanjutnya berkaitan dengan perlindungan hukum, pelanggaran HAM, korupsi tetap menjadi perhatian, pembenahan yang terus dilakukan. Menurut Wayang, bidang penegakan hukum harus terus dikawal, bahkan lembaga penegak hukum tetap perlu dievaluasi.

"Penekanan ini terpisah dari reforma agrarian. Pasalnya, permasalahan mafia tanah merupakan permasalahan yang memang perlu menjadi perhatian khusus," katanya.

Kemudian yang ketiga adalah ketahanan perekonomian Indonesia tidak lepas dari peran UMKM. Berdasarkan pengalaman sejarah, UMKM merupakan salah satu faktor yang dapat membuat Indonesia bertahan pada saat krisis moneter pada 1998. "Oleh karena itu, pemberdayaan UMKM tetap perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah," katanya.

Baca juga: Pidato Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022

Lalu terkait Ibu Kota Negara (IKN), Wayan menegaskan, perlu menjaga keberlanjutannya. Tekad Presiden mempunyai peninggalan atas Ibu Kota Negara Baru perlu didukung. Meski begitu permasalahan di IKN perlu disikapi, seperti banjir dan isu lingkungan hidup lainnya.

Presiden Jokowi juga mengingatkan tentang polarisasi sosial yang perlu dihindari. Menurut Wayan, diperlukan implementasi nilai-nilai Pancasila secara menyeluruh untuk menghindari terjadinya perpecahan masyarakat.

Wayan juga menggarisbawahi peringatan dari Presiden Jokowi kepada semua pihak agar tetap berhati-hati dan waspada, bersatu padu, kerja keras, dan kreatif. "Tentunya hal ini perlu digarisbawahi sebagai sebuah semangat bagi bangsa menyambut optimis makna kemerdekaan ke-77 RI," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)