Singgung Pilpres 2024, Puan: Kita Paham Kapan Waktu Bertanding, Kapan Bersanding

Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:16 WIB
loading...
Singgung Pilpres 2024, Puan: Kita Paham Kapan Waktu Bertanding, Kapan Bersanding
Ketua DPR Puan Maharani menyatakan bahwa pembangunan peradaban demokrasi yang semakin maju, diperlukan pelaksanaan pemilu yang berkualitas. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan bahwa pembangunan peradaban demokrasi yang semakin maju, diperlukan pelaksanaan pemilu yang berkualitas. Saat ini tahapan Pemilu 2024 sudah dijalankan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pelaksanaan pemilu legislatif, presiden, dan pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tahapan Pemilu sudah dan sedang dijalankan oleh KPU. Menjadi komitmen kita bersama untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat," kata Puan dalam pidato pembukaan di Sidang Bersama DPR dan DPD di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Puan merasakan bahwa tahun politik itu sudah datang lebih awal. Karena perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi di penjuru negeri.



Menurut Ketua DPP PDIP ini, hal tersebut merupakan fakta yang menggembirakan. Sebab, artinya masyarakat Indonesia sudah dewasa dalam menghadapi perbedaan pilihan politik. Semua sudah memahami kapan waktu bertanding dan kapan waktu bersanding.

"Sejak pemilu demokratis kembali digelar pada tahun 1999, masyarakat sudah mengajarkan kepada kita semua bagaimana menyikapi perbedaan dalam politik. Kita tentu paham kapan waktu bertanding, dan kapan waktu bersanding," ucap Puan.

Oleh karena itu, Puan mengajak semua pihak untuk membangun komitmen bersama dalam melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, sukaria, dan tanpa memecah belah persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Akhiri Pidato di Sidang Tahunan, Pantun Ketua MPR Singgung Dinamika Pilpres 2024

"Marilah kita membangun komitmen bersama untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, bersuka ria dan tanpa memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)