Sampaikan Visi Misi, KIB Dinilai Tunjukkan Koalisi Tak Sekadar Kekuasaan

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 13:44 WIB
loading...
Sampaikan Visi Misi, KIB Dinilai Tunjukkan Koalisi Tak Sekadar Kekuasaan
Di saat partai lain masih penjajakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berencana menyampaikan visi misi yang akan jadi platform dasar perjuangan KIB. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Di saat partai-partai lain masih melakukan penjajakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berencana menyampaikan visi misi yang akan jadi platform dasar perjuangan KIB . Rencananya penyampaian visi misi ini akan disampaikan di Surabaya pada 14 Agustus 2022.

Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati menilai, penyampaian visi misi tersebut menjadi poin penting. Di mana tujuan berkoalisi tidak hanya sekadar demi kekuasaan, namun ada proyeksi Indonesia ke depan melalui visi misi.

"Hal ini menarik sebagai bagian dari pionir kompetisi Pemilu 2024 yang menawarkan ide sebagai komoditas politik daripada kapitalisasi politik identitas seperti pada dua edisi pemilu sebelumnya," kata Wasisto, Jumat (12/8/2022).

Baca juga:KIB Mulai Saring Bakal Capres 2024 Setelah 17 Agustus

Wasis menjelaskan visi misi itu tentunya juga bagian dari pengikat atau kontrak politik bagi anggota koalisi sekarang maupun yang akan bergabung.

"Menunjukkan adanya fondasi sebuah koalisi jangka panjang yang menawarkan penguatan institusi partai dari pada mengandalkan popularitas individu," ujarnya.

Terkait dengan potensi mendapat kritik atau serangan lawan, Wasisto menyampaikan, adanya kritik dan debat terhadap visi/misi itulah yang menjadi ajang yang ditunggu. Alasannya karena ketahanan koalisi dari segi tawaran ide, kedewasaan berpolitik, maupun solidaritas internal.

"Tentu di sini penting juga melihat atensi publik dalam menyimak perdebatan itu," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan KIB bakal melakukan pertemuan pada Minggu, 14 Agustus 2022. Pertemuan itu akan membahas ide dan gagasan yang dibangun untuk Pemilu 2024.

Menurut Airlangga, tak menutup kemungkinan, KIB juga bakal mulai mendiskusikan bakal capres-cawapres 2022. "Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB," kata Airlangga dalam keterangannya di KPU RI, Rabu 10 Agustus 2022.

Dia juga mengatakan pertemuan internal parpol di KIB ini disebut bakal dilakukan secara tertutup. Selain dirinya, dua ketua umum dari PAN dan PPP yakni Zulkifli Hasan serta Suharso Monoarfa bakal hadir.

Airlangga menyebut, KIB mendorong politik adu gagasan dalam Pemilu 2024. Gagasan tersebut akan diputuskan dalam rapat internal KIB di Surabaya mendatang.

"Pemilu ini kita akan mendorong supaya menjadi Pemilu adu ide dan gagasan baik itu dalam Pileg maupun Pilpres," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)