Komnas HAM Jadwalkan Periksa Irjen Ferdy Sambo Besok Lusa

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:00 WIB
loading...
Komnas HAM Jadwalkan Periksa Irjen Ferdy Sambo Besok Lusa
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyatakan sedang menegosiasikan rencana pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo pada Kamis (11/8/2022) lusa. Foto: MNC/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Komnas HAM akan memeriksa mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo terkait kasus tewasnya brigadir J pada Kamis (11/8/2022). Rencana tersebut masih dinegosiasikan.

"Hari kamis mungkin bisa pagi atau siang, kami mengupayakan mencari jadwal fix untuk memeriksa Pak Sambo kurang lebih gitu. Hari kamis, kita sedang bernegosiasi, tapi kita minta sebisanya di sini," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat konferensi pers di kantornya, Selasa (9/8/2022).

Taufan mengatakan saat ini telah memeriksa kembali 5 dari 10 ponsel yang diberikan Tim Siber Mabes Polri guna mengkonfirmasi keterangan-keterangan baru.



"Kami memeriksa kembali tim siber dan penyidik dalam waktu yang singkat saja sekitar 30 menit karena tadi ini lebih daripada melengkapi bahan bahan yang sebelumnya sudah diberikan pada beberapa penjelasan," ujarnya.

"Setelah itu, nanti tim komnas HAM mengumpulkan semua dari bahan bahan pertama, kedua, dan diberikan yang tadi itu. Yang ketiga kami akan analisis internal setelah itu kami baru bisa membuat beberapa kesimpulan," kata dia.

Menurut Taufan, seluruh bahan-bahan yang telah dikumpulkan Komnas HAM semakin memberikan banyak informasi data guna membuat terang kasus kematian Brigadir J itu.

Kemudian untuk agenda besok Rabu (10/8/2022) Komnas HAM akan memintai keterangan dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri terkait uji balistik pada peristiwa tewasnya Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Kadiv Propam non Aktif, Irjen Pol Ferdy Sambo atau Brigadir J.

"Agenda besok itu balistik. Kami sangat berharap baik timsus maupun penyidik Mabes Polri, agenda yang sudah disepakati besok betul-betul dipenuhi supaya tidak tertunda penyelesaian masalah ini," tutur dia.



Seperti diketahui, Ferdy Sambo saat ini berada ditahan di lingkungan Mako Brimob Polri dengan tuduhan melakukan pelangaran etik dalam olah TKP kasus Brigadir J yang ditangani Inspektorat Khusus (Irsus). Sementara dalam kasus pidana, Senin (8/8/2022) malam Timsus Mabes Polri juga telah memeriksa Ferdy Sambo.

Rencananya, Kapolri Jenderal Listyo Sigiit Prabowo akan menyampaikan perkembangan penanganan kasus ini pada sore nanti, salah satunya soal penetapan tersangka baru.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)