Ini Deretan Kapal Perang Andalan TNI yang Bikin Gentar Musuh

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:38 WIB
loading...
Ini Deretan Kapal Perang Andalan TNI yang Bikin Gentar Musuh
KRI Raden Eddy Martadinata-331 saat tiba di dermaga TNI AL Tawiri, Ambon, Provinsi Maluku, Minggu (8/8/2021). FOTO/ANTARA/FB Anggoro
A A A
JAKARTA - Kapal perang andalan TNI beragam jenisnya. Dari mulai Fregat, Korvet, Kapal Selam, dan berbagai jenis lain yang dikelompokkan berdasarkan kategori armada. Masing-masing memiliki fungsi berbeda dan saling mengisi dalam kesatuan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kapal perang didefinisikan sebagai kapal yang dilengkapi dengan persenjataan untuk berperang. Semua nama kapal perang milik TNI Angkatan Laut didahului dengan inisial KRI sebagai singkatan Kapal Perang Republik Indonesia.

Beberapa bulan lalu, pada Maret 2022, TNI Al memiliki dua kapal perang baru yang diberi nama KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875. Kapal perang jenis Patroli Cepat (PC) 60 meter ini merupakan buatan asli Indonesia PT Caputra Mitra Sejati.



Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Dorang-874 nantinya akan memperkuat jajaran unsur patroli di bawah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon. Sementara KRI Bawal-875 akan ditempatkan di jajaran unsur patroli di bawah Lantamal XIV Sorong 6.

"Realisasi pembangunan kemampuan dari pemenuhan kapal patroli ini juga harus ditunjang dengan peningkatan kemampuan dan profesionalisme prajurit, sebagai perwujudan dari TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh," ujar Yudo seperti dilansir Antara pada 21 Maret 2022.

Kapal perang andalan TNI dibagi dalam beberapa kategori. Yakni Armada Pemukul, Armada Patroli, Armada Pendukung, dan Armada Kapal lainnya. Berikut ini kapal perang andalan TNI:

A. Armada Pemukul
Ini Deretan Kapal Perang Andalan TNI yang Bikin Gentar Musuh

KRI Ahmad Yani-351. FOTO/DOK.KOARMADA I TNI AL


1. Jenis Fregat
a. Kelas Ahmad Yani
- KRI Ahmad Yani-351
- KRI Slamet Riayadi-352
- KRI Yos Sudarso-353
- KRI Oswald Siahaan-354
- KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355
- KRI Karel Satsuit Tubun-356

Kapal-kapal perang tersebut merupakan buatan Belanda yang dilengkapi persenjataan: 1 x OTO Melara 76 mm, 2 x twin Simbad SAM (4 rudal), 4 x C-802 SSM, dan 2 x Triple Mk 32 torpedo launchers. Kapal-kapal jenis Fregat ini akan dipensiunkan secara bertahap dan diganti dengan Fregat kelas Iver Huitfeldt dan Kelas Fremm
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2314 seconds (11.210#12.26)