6.000 Warga Cirebon Hadiri Pagelaran Budaya untuk Ganjar Presiden 2024

Rabu, 03 Agustus 2022 - 19:11 WIB
loading...
6.000 Warga Cirebon Hadiri Pagelaran Budaya untuk Ganjar Presiden 2024
Sekitar 6.000 warga memadati di Alun-alun Kecamatan Gegesik, Cirebon, Rabu (3/8/2022). Panas terik matahari tak menyurutkan semangat ribuan masyarakat untuk menyaksikan pagelaran budaya yang digelar relawan OMG. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Sekitar 6.000 warga memadati di Alun-alun Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (3/8/2022). Panas terik matahari tak menyurutkan semangat ribuanwarga menyaksikan pagelaran budaya yang digelar relawan Orang Muda Ganjar (OMG).

Mereka antusias dan rela berjejer di sepanjang jalan menuju alun-alun hingga penuh sesak untuk ikut serta dalam kemeriahan dan kemegahaan pagelaran budaya tersebut. "Estimasi peserta 3.000 orang, tapi yang datang Alhamdulillah sampai 6.000 orang. Mereka merupakan warga 14 Desa di Gegesik serta perwakilan dari daerah lain di Jabar," kata penanggung jawab acara OMG Cirebon, Gilang Mahesa di lokasi, Rabu (3/8/2022). Baca juga: Duet Puan-Ganjar Punya Peluang Besar, Pengamat: Apa PDIP Berani?

Menurut Gilang, antusiasme masyarakat tak terlepas dari popularitas kepemimpinan Ganjar Pranowo yang memang sudah sangat dikenal luas. Hal ini memudahkan penyelenggara untuk mengajak partisipasi masyarakat.

Pagelaran budaya ini diberi nama Ganjar Dugawean, yang dapat dimaknai Ganjar hajatan besar di Cirebon. Gilang menyebut pagelaran budaya ini ada korelasinya antara sosok Ganjar dengan masyarakat di Cirebon, khususnya di Gegesik.

Menurutnya, Ganjar punya kepribadian dan kepemimpinan yang cinta pada rakyatnya, peduli UMKM hingga petani, dan sangat mencintai budaya. Hal itu dapat dilihat dalam kebijakan Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, maupun ketika dulu menjadi anggota DPR.

"Kami sebagai kawula muda banyak sekali mencontoh kepribadian Pak Ganjar yang merakyat, dialogis dan menjadi figur inspiratif, mensuport dan memfasilitasi kita," ucapnya.

Dalam acara ini, dihadirkan kesenian Singa Depok, wayang kulit, tarian Rampak Topeng, tarian Nusantara dan sebagainya. UMKM juga dirangkul untuk berjualan di area kegiatan untuk dinikmati masyarakat. "Korelasi dengan acara ini kami meniru seorang Pak Ganjar bisa merangkul berbagai sektor, di antaranya UMKM, para petani, penggiat seni budaya," jelas Gilang.

Gilang menyebut ada bantuan cangkul, benih padi, dan satu set sound system dari OMG kepada para petani serta pelaku seni. Hal itu sebagai bentuk kepedulian nyata dari OMG kepada masyarakat. Ia berharap kegiatan dan bantuan itu bermanfaat bagi masyarakat.

Koordinator OMG Nasional, Pancar Setiabudi Ilham Mukaromah mengajak kawula muda di Indonesia, khususnya di Gegesik untuk terus menyebarkan aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024.

"Mari kita dukung Bapak H. Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden Indonesia," ucap Pancar yang disambut riuh semangat oleh peserta. Baca juga: Belajar Seni Bercerita melalui Sketsa di Pameran Jagantara

Pancar menyatakan kepemimpinan Ganjar sudah terbukti mendorong anak muda untuk berkembang dan maju agar bermanfaat bagi masyarakat. Ganjar juga mendorong agar UMKM maju dan kebudayaan Indonesia tetap dilestarikan.

Pancar menambahkan, ke depan bakal ada kegiatan-kegiatan lain yang digelar untuk mengkonsolidasikan dukungan untuk gerakan Ganjar Pranowo Presiden 2024.
Menurutnya, rangkaian deklarasi sudah dilakukan di beberapa provinsi, termasuk di Jabar. Setelah deklarasi akan diadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak muda di seluruh wilayah Indonesia

Dalam rangkaian acara juga ada penampilan artis Pantura, Dede Risty, serta penampilan kesenian wayang dari Ki Dalang Sunara Anom Sunara Pratama dari grup Wayang Manunggaling Budaya. Ada juga pembagian doorprize bagi peserta dengan hadiah di antaranya kulkas, kipas angin hingga kebutuhan rumah tangga dan anak muda.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1159 seconds (10.177#12.26)