Mengenal 2 Rekan TNI Prabowo Subianto yang Gugur dalam Operasi Militer Timor Timur

Selasa, 02 Agustus 2022 - 16:15 WIB
loading...
Mengenal 2 Rekan TNI Prabowo Subianto yang Gugur dalam Operasi Militer Timor Timur
Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahanan Republik Indonesia saat ini. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahanan Republik Indonesia saat ini. Dalam perjalanan karier militernya, Prabowo memiliki cukup banyak pengalaman dalam berbagai misi dan operasi militer yang diikutinya.

Dalam salah satu misinya, pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini pernah terlibat pada Operasi Militer di Timor Timur , tepatnya sekitar tahun 1976. Dalam misi tersebut, Prabowo mengalami berbagai peristiwa yang membuatnya kehilangan rekan dan orang-orang terdekatnya.

Baca juga : Survei: Prabowo Subianto Menteri Berkinerja Terbaik

Berikut dua rekan TNI Prabowo Subianto yang gugur dalam Operasi Militer di Timor Timur seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Letnan Satu Sudaryanto

Sudaryanto merupakan Komandan Prabowo Subianto saat Operasi Seroja di Timor Timur. Saat itu, Sudaryanto berpangkat Letnan Satu atau Lettu. Dia bertugas menjadi Komandan Unit C Pasukan Nanggala 10.

Melihat dari riwayatnya, Lettu Sudaryanto memulai karier militernya dari Tamtama. Setelahnya, dia lulus Secaba dan Secapa. Perjalanannya terbilang cukup mentereng hingga bisa menembus pangkat Letnan Satu (Lettu).

Saat Operasi Seroja Timor Timur, Pasukan Nanggala 10 bergerak di bawah pimpinan Mayor Inf Yunus Yosfiah. Salah satu anggota timnya adalah Letda Inf Prabowo Subianto (saat ini Menhan).

Sayangnya, saat itu Lettu Sudaryanto harus gugur. Dia mengembuskan nafas terakhirnya di pelukan Prabowo.

Prabowo dalam buku biografinya ‘Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengamanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto’, menceritakan awal mula peristiwa tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2461 seconds (0.1#10.140)