Dramatis, TNI AL Evakuasi Paus Terdampar di Dermaga Banyuwangi

Selasa, 02 Agustus 2022 - 12:19 WIB
loading...
Dramatis, TNI AL Evakuasi Paus Terdampar di Dermaga Banyuwangi
Personel TNI AL dari Lanal Banyuwangi mengevakuasi seekor ikan paus yang terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah, Kelurahan Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (1/8/2022). FOTO/DISPENAL
A A A
JAKARTA - Personel TNI AL dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi mengevakuasi seekor ikan paus yang terdampar di Dermaga Hotel Ketapang Indah, Kelurahan Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (1/8/2022). Evakuasi penyelamatan paus yang berukur cukup besar itu berlangsung cukup dramatis.

Menurut keterangan dari Dinas Penerangan TNI AL, ikan paus itu awalnya diketahui warga sedang mengapung di sekitar lampu suar depan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) pukul 12.00 WIB. Warga yang melihat langsung melapor ke Komandan Unit Intel selaku Dan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) TNI AL Lanal Banyuwangi.

"Setelah melaporkan dan mendapat perintah dari Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut P Ansori untuk membantu upaya penyelamatan terhadap ikan Paus yang terdampar tersebut," tulis keterangan Dispenal, Selasa (2/8/2022).



Evakuasi tersebut dilakukan Tim SFQR dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi dan Patkamla. Namun, saat tiba di lokasi pukul 12.55 WIB, ikan paus tersebut ternyata telah terbawa arus menuju Dermaga Hotel Ketapang Indah.

"Bersama dengan personel Polisi Perairan (Polair) Polresta Banyuwangi dan nelayan setempat, Tim SFQR berupaya untuk mengevakuasi ikan Paus tersebut kembali menuju ke tengah laut," katanya.

Evakuasi ikan Paus terdampar yang dilakukan oleh prajurit Lanal Banyuwangi merupakan implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh prajurit TNI AL.

Baca juga: Penampakan Paus Sperma Sepanjang 10 Meter Terdampar di Banyuwangi

"Untuk turut serta menjaga kelestarian alam, sehingga terjaga keseimbangan dari ekosistem dan berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian, sehingga keberadaan prajurit TNI AL akan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)