Pengamat: Capres dari Kalangan Militer Ideal, Elektabilitas Prabowo Selalu Juara

Jum'at, 29 Juli 2022 - 18:17 WIB
loading...
Pengamat: Capres dari Kalangan Militer Ideal, Elektabilitas Prabowo Selalu Juara
Berdasarkan survei yang dilakukan berbagai lembaga selama ini, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum goyah dari puncak capres. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tingkat keterpilihan atau elektabilitas calon presiden dari tokoh militer masih dipandang ideal oleh masyarakat. Sebab, mereka dianggap sebagai pemimpin yang tegas dan berani.

Demikian disampaikan pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago. “Di survei Voxpol misalnya, calon presiden dari militer-sipil atau sipil-militer itu termasuk calon ideal yang diinginkan masyarakat," katanya seperti dilansir dari Antara, Jumat (29/7/2022).

Meski demikian, kata Pangi, secara umum kandidat calon presiden baik dari kalangan sipil maupun militer tetap harus memiliki racikan modal elektoral yang menjanjikan dan harus bisa mempertahankan tren elektabilitas secara positif. Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini menjelaskan, narasi pemikiran calon presiden dari kalangan militer cocok dengan kebutuhan masyarakat ke depan, sebab tantangannya akan semakin berat dan rumit.

"Itu sejauh mana kompetensi dan kapasitas narasi pikiran apa yang mereka ingin lakukan, apakah mereka cocok seusai kebutuhan masyarakat Indonesia ke depan. Karena tantangannya dan problematika ke depan tentu lebih berat dan persoalan tentu lebih complicated," jelasnya.

Namun, menurut Pangi, bila ada calon presiden dari kalangan anggota TNI yang masih aktif, ia menyarankan untuk mundur sebelum masuk ke dalam politik praktis. Berdasarkan survei yang dilakukan berbagai lembaga selama ini, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum goyah dari puncak capres.





Misalnya saja, hasil survei Litbang Kompas pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022, elektabilitas Prabowo berada di urutan pertama dengan 25,3 persen. Menyusul di urutan kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 22 persen dan Anies Baswedan pada peringkat ketiga dengan elektabilitas 12,6 persen.

Survei Suara Politik Publik (SPP) terkait pilihan publik di Pilpres 2024 yang baru dirilis Minggu, 24 Juli lalu juga Prabowo memperoleh 28,7 persen suara dan dipastikan unggul dari kandidat capres lainnya. Selain itu, survei yang diselenggarakan lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) pada 25 Juni 2022-5 Juli 2022 juga menunjukkan, Prabowo Subianto menjadi sosok dengan elektabilitas tertinggi dengan 29,3 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)