HUT Kemenpan RB, Mahfud MD: Semakin Jauh Perjalanan Institusi Biasanya Melenceng dari Tujuan

Rabu, 27 Juli 2022 - 10:10 WIB
loading...
HUT Kemenpan RB, Mahfud MD: Semakin Jauh Perjalanan Institusi Biasanya Melenceng dari Tujuan
Plt Menpan RB, Mahfud MD menyebut bahwa semakin jauh perjalanan suatu institusi biasanya melenceng dari nilai-nilai dan tujuan awal dibentuknya institusi tersebut. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Menpan RB , Mahfud MD menyebut bahwa semakin jauh perjalanan suatu institusi biasanya melenceng dari nilai-nilai dan tujuan awal dibentuknya institusi tersebut.

Awal mulanya Mahfud mengatakan momen hari ulang tahun (HUT) ke-63 Kemenpan RB bisa menjadi sarana atau waktu yang tepat untuk berkontemplasi. Hal tersebut dilakukan agar pejabat ataupun pegawai dapat mengingat kembali nilai-nilai sejarah didirikannya Kemenpan RB ataupun lembaga lainnya.

"Seperti HUT Kemerdekaan itu kembali menggali nilai-nilai dan sudah sejauh mana kita berjalan. Mengimplementasikan nilai dan tujuan-tujuan tersebut," ujar Mahfud dalam sambutannya pada acara Puncak Peringatan HUT ke-63 Kemenpan RB yang disiarkan secara daring, Rabu (27/7/2022).

Mahfud menegaskan bahwa peringatan HUT menjadi penting agar suatu lembaga atau institusi tidak melenceng jauh dari tujuan dan nilai-nilai dibentuk sejak awal.

"Mengapa ini penting karena terkadang semakin jauh perjalanan satu institusi biasanya semakin melenceng dari tujuannya," katanya.

Terkait nilai-nilai perjuangan, Mahfud mencontohkan pada saat pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masyarakat pada awal-awal menilai hebat. Namun, tak lama kehadiran KPK dipersoalkan.

"Ketika dulu kita baru punya tarolah KPK, hebat, tapi lama-lama dipersoalkan. Ketika kita punya MK baru berdiri hebat karena masih dekat dengan sejarah lama-lama dipersoalkan orang atau menimbulkan pertanyaan," jelasnya.

Menurut Mahfud, semua institusi ataupun lembaga jika semakin turun ke generasi-generasi berikutnya terkadang nilai-nilai dasar perjungannya semakin akan tergerus.

"Oleh sebab itu perlu kontemplasi melalui HUT ini untuk menyegarkan kembali tujuan kita di dalam melaksanakan tugas-tugas institusi ini," imbuhnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)