Kenang Ki Hajar Dewantara Suara Prabowo Bergetar: Tak Ada Bangsa Merdeka Tanpa Pendidikan

Minggu, 24 Juli 2022 - 15:50 WIB
loading...
Kenang Ki Hajar Dewantara Suara Prabowo Bergetar: Tak Ada Bangsa Merdeka Tanpa Pendidikan
Menhan Prabowo Subianto menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya kepada seluruh pamong dan guru Taman Siswa di Indonesia. Foto: MNC/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak emosional saat menyampaikan pidato dalam peringatan 1 Abad Taman Siswa di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (24/7/2022). Suaranya bergetar saat mengingat jasa, kontribusi pemikiran serta tindakan Ki Hajar Dewantara dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Mantan Komandan Kopasus tersebut mengatakan Taman Siswa didirikan Ki Hajar Dewantara untuk melawan penjajah pada saat itu

"Dan sosok Ki Hajar Dewantara mulai menanamkan kepada bangsa Indonesia tidak mungkin indonesia merdeka, kalau rakyatnya tidak pintar. Tidak ada bangsa yang berhasil, tidak ada bangsa yang merdeka tanpa adanya pendidikan yang berhasil," kata Prabowo yang disambut dengan suara gemuruh peserta yang hadir.



Prabowo pun menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya kepada seluruh pamong dan guru yang berada di Taman Siswa yang tersebar di Indonesia.

"Karena kalian lah yang membuat Indonesia Merdeka, kalian lah yang membangun Indonesia Merdeka, kalian lah yang menyiapkan generasi penerus, dan kalian lah yang merintis Indonesia Makmur," terangnya.



Dirinya pun mengaku sangat bahagia karena telah diundang dalam acara kali ini, bahkan ia pun mengaku menyesal karena tidak menjaga nama besar dari Ki Hajar Dewantara dengan menurunkan ilmu pengetahuan tentang sejarah ke generasi penerus.

"Kenapa saya tidak pernah berbuat untuk taman siswa, kenapa saya kurang berbuat untuk membesarkan dan menjaga kebesaran Ki Hajar Dewantara. Tapi mulai hari ini, saya akan buat pembelajaran khusu sejarah di Kementerian Pertahanan dan Institusi TNI," terangnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)