Sirkulasi Siklonik, 34 Kota Diprediksi Cerah Berawan hingga Hujan Petir

Sabtu, 23 Juli 2022 - 23:02 WIB
loading...
Sirkulasi Siklonik, 34 Kota Diprediksi Cerah Berawan hingga Hujan Petir
BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia, barat Sumatera dan Samudera Pasifik Timur Filipina. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia, barat Sumatera dan Samudera Pasifik Timur Filipina. Hal ini menimbulkan pertumbuhan awan-awan hujan di lokasi sekitar.

BMKG memprediksi bahwa 34 kota besar di Indonesia akan cerah berawan hingga hujan petir pada Minggu, 24 Juli 2022. Baca juga: BMKG Gempa Hari Ini, Begini Cara Cek Gempa Lewat Aplikasi BMKG

”Hal tersebut dapat menyebabkan wilayah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia, barat Sumatera dan juga di Samudera Pasifik Timur Filipina,” kata Prakirawan BMKG, Yuni Maharani dalam akun Instagram @infobmkg, Sabtu (23/7/2022) malam.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Aceh hingga Sumatera Utara, Riau hingga Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Jambi, Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

”Jawa Tengah hingga Jawa Barat, Sulawesi Tengah dan juga Papua. Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar,” ujarnya.

Yuni menjelaskan, wilayah Sumatera umumnya hujan ringan terdapat di wilayah Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Pangkal Pinang. Potensi hujan petir terdapat di Tanjungpinang.

Kota besar berpotensi hujan ringan hingga sedang terdapat di Bandar Lampung dan juga Palembang.”Dan perlu juga diwaspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Jambi, Bengkulu dan juga Padang,” terangnya

Selanjutnya, Yuni menuturkan, untuk Pulau Jawa esok hari diprediksi berawan di wilayah Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah DKI Jakarta dan adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Serang dan Bandung.

Untuk Bali dan Nusa Tenggara, kata Yuni, untuk esok hari diprediksi cerah berawan di wilayah Kupang, serta berawan terdapat di Mataram dan Denpasar. Untuk Kalimantan, diprediksi berawan hingga Banjarmasin.

Hujan ringan di Palangka Raya dan juga Samarinda, ujan sedang terdapat di Pontianak. ”Dan perlu sobat waspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Selor,” imbuhnya.

Indonesia bagian timur, dia menambahkan, esok hari diprediksi berawan di wilayah Ternate dan Jayapura. Adanya potensi hujan ringan di Manokwari dan Ambon.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (10.55#12.26)