Pesan Ganjar di Hari Anak Nasional 2022: Jaga dan Lindungi Anak Kita dari Bullying

Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
Pesan Ganjar di Hari Anak Nasional 2022: Jaga dan Lindungi Anak Kita dari Bullying
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Bogor. Foto/istimewa
A A A
BOGOR - Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (23/7/2022) dipusatkan di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Acara ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga tampak hadir pada acara yang diadakan secara luring dan daring ini. Ganjar pun menyempatkan menyapa anak-anak dan memberikan edukasi kepada mereka tentang cara menanam.

"Acaranya tidak terlalu formal, Presiden hadir dengan santai tidak terlalu banyak sambutan. Presiden main sulap dan menyenangkan. Dan tadi dicontohkan beberapa permainan-permainan anak ya, menurut saya bagus," ujar Ganjar.

Baca juga: Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional, Jokowi Bermain Sulap di Depan Anak-anak

Pada kesempatan ini, Ganjar menyampaikan pesan untuk selalu menjaga dan melindungi anak dari tindakan perundungan (bullying). Menurutnya, bullying pada anak sangat berdampak buruk pada mental mereka.

Tak hanya itu, Ganjar mendorong para orang tua bisa menjadi role model atau contoh yang baik bagi anak. Sebab, anak-anak merupakan kelompok yang sangat rentan terpengaruh tindakan dan ucapan yang mereka saksikan di lingkungan mereka.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk Anak-anak: Terus Belajar, Jangan Lupa Berdoa

"Pesannya sudah sangat jelas sekali, yuk lindungi anak kita, temani anak kita. Stop bullying, jangan ada pernikahan dini. Ini pesan-pesan yang sangat penting menurut saya," kata Ganjar.

"Untuk orang tua, memang sudah seharusnya selayaknya kita menemani dan melindungi anak kita. Termasuk di mana pun dia berada dan juga di sekolah," sambung Ganjar.

Sebagai informasi, pada peringatan HAN 2022, Provinsi Jawa Tengah juga mendapatkan predikat Provinsi Layak Anak (Provila) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Adapun indikator penetapan Jawa Tengah sebagai Provila antara lain melalui sejumlah program yang digagas Pemprov Jateng. Selain itu, fasilitas dan ruang publik ramah anak di Jawa Tengah juga menjadi alasan dijadikannya Jawa Tengah sebagai Provila.

Selain Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Wali Kota Bogor Bima Arya juga turut mengikuti peringatan HAN 2022.

(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1918 seconds (11.252#12.26)