Dwiarya Wibawa: Rancang Bangun Kompleks Istana Wapres di IKN Nusantara

Jum'at, 22 Juli 2022 - 21:19 WIB
loading...
Dwiarya Wibawa: Rancang Bangun Kompleks Istana Wapres di IKN Nusantara
Istana Wakil Presiden sebagai sebuah simbol negara seperti juga Istana Presiden merupakan representasi dari negara juga. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebagai sebuah simbol, Kawasan Istana Presiden menjadi elemen tetenger/penanda atau landmark yang mencerminkan lini setara antara Negara dan Ibu Kota Negara. Maka, Istana Wakil Presiden sebagai sebuah simbol negara seperti juga Istana Presiden merupakan representasi dari negara juga.

Dengan misi utama desain adalah merancang bangunan dengan citra kewibawaan memimpin dan ketegasan serta keadilan untuk kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia, yakni Dwiarya Wibawa. Firma Arsitek Budi Pradono Architect (BPA Studio) bersama mitranya PT.Ciriajasa pada 18 Juli 2022 telah dianugerahi menjadi Juara III dalam Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Kompleks Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara di Penajam Utara, Kalimantan Timur.

Sayembara yang diikuti oleh ratusan peserta dari praktisi desainer urban-tata kota, arsitek, dan organisasi desainer independen dari seluruh Tanah Air ini diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kompleks Istana Wapres merupakan salah satu simbol negara penting.

Dwiarya Wibawa: Rancang Bangun Kompleks Istana Wapres di IKN Nusantara






Secara struktur Tata-Kawasan yang dirancang berintegrasi dengan Kompleks Istana Presiden di IKN. Kedua kompleks bangunan Wapres dan Presiden seolah berelasi satu dan lainnya sebagai Dwi Tunggal dalam konteks imajinasi negara dan bangsa Indonesia.

Lima Zonasi Kompleks Bangunan
Firma BPA merancang Kompleks Istana Wakil Presiden Dwiarya Wibawa dalam lima zonasi utama. Yang pertama adalah Istana Wakil Presiden yang akan dibangun di lokasi paling tertinggi, yang kemudian diperkaya kompleks hutan konservasi dengan menimbang sisi timur kawarasan kondisi kontur alamiah yang curam tetap dipertahankan.

Selanjutnya, bangunan Kompleks Gedung Kesekretariatan, kemudian Kompleks Gedung Kantor Wapres dan akhirnya Kompleks Rumah Kediaman atau Rumah Dinas Wapres berada di sisi utara barat laut. Setiap kompleks bangunan memiliki akses tersendiri.

Ada bangunan pendukung khusus untuk Paspampers atau Pasukan Pengamanan Presiden yang berbentuk setengah lingkaran mengikuti bentuk keseluruhan komplek yang bulat. Bangunan Paspampres berada di tengah dan memiliki akses ke seluruh bagian dari kompleks, termasuk landasan helikopter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)