Presiden Jokowi Diusulkan Jadi Bapak Wayang Indonesia

Kamis, 21 Juli 2022 - 16:05 WIB
loading...
Presiden Jokowi Diusulkan Jadi Bapak Wayang Indonesia
Seniman wayang Indonesia mengusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Bapak Wayang Indonesia. Usulan ini disampaikan pengurus sejumlah organisasi pewayangan Indonesia saat audensi dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Seniman wayang Indonesia mengusulkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) sebagai Bapak Wayang Indonesia. Usulan ini disampaikan pengurus sejumlah organisasi pewayangan Indonesia saat audensi dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dalam audensi hadir pengurus dari Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (SENAWANGI), Asean Pupettry Association, dan Union Internationale de la Marionnette (UNIMA) Indonesia, Persatuan Wayang Orang Indonesia (PEWANGI).

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Tumiyono mengatakan, usulan Presiden Jokowi sebagai Bapak Wayang Indonesia merupakan bentuk penghargaan kepada Presiden karena telah memberikan perhatian besar terhadap seni wayang, yang diwujudkan dalam bentuk penetapan Hari Wayang Nasional pada 7 November.





“Keluarnya Kepres Nomor 30/2018 tentang Hari Wayang Nasional membuat wayang mendapat tempat terhormat. Sebagai bentuk penghargaan kami kepada Bapak Presiden, kami mengusulkan beliau sebagai bapak wayang Indonesia,” kata Tumiyono dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Pada kesempatan itu, Tumiyono juga mengungkapkan kondisi seniman wayang. Di mana, selama pandemi Covid-19 berlangsung, kehidupan seniman nyaris tidak memiliki pendapatan karena agenda manggung tidak berjalan. “Selama dua tahun, seniman wayang, dalang, sepi job,” ungkap Tumiyono.

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah tidak lepas tangan dan tetap memperhatikan kondisi para seniman, terutama seniman wayang kulit dan orang. Yakni, dengan memberikan jaring pengaman sosial. “Dalam rapat kabinet, Presiden menekankan pentingnya jaring pengaman sosial untuk seniman, agar tetap terus berkreasi di tengah berbagai keterbatasan akibat pandemi,” tegas Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini juga berpesan, agar seniman untuk menjaga keberlanjutan kesenian wayang sehingga bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang. Selain itu, perlu ada inovasi dengan menghadirkan sisi hiburan tanpa mengurangi pakem-pakem seni wayang.

“Sekarang itu lagu-lagu jawa banyak diminati dan viral. Saya harap, kesenian wayang juga bisa menampilkan sisi hiburannya dan mengikuti pasar, tentunya tanpa meninggalkan nilai-nilai wayang itu sendiri. Soal usulan Presiden Jokowi sebagai Bapak Wayang Indonesia, akan segera saya sampaikan,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)