Kepala BNPT Tekankan Pentingnya Sinergi Berantas Radikalisme dan Terorisme

Selasa, 19 Juli 2022 - 22:15 WIB
loading...
Kepala BNPT Tekankan Pentingnya Sinergi Berantas Radikalisme dan Terorisme
Untuk memberantas radikalisme dan terorisme dibutuhkan sinergi dari semua elemen masyarakat. Hal ini dikatakan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk memberantas radikalisme dan terorisme dibutuhkan sinergi dari semua elemen masyarakat. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Pandangan ini disampaikan Boy Rafli saat Presidential Lecture, dalam rangka memperingati HUT BNPT ke-12 bertema Gelorakan Sinergi Bangsa dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme menuju Indonesia Harmoni, Selasa (19/7/2022).



Dijelaskan Boy Rafli, guna menjalankan tugas dan amanat negara, BNPT sebagai leading sector dalam penanggulangan terorisme, menghasilkan berbagai rumusan dan melaksanakan kebijakan untuk mencegah potensi ancaman dan menguatkan imunitas masyarakat.

"BNPT mengembangkan grand strategy ini dengan melibatkan beragam unsur, di antaranya instansi pemerintah, masyarakat, akademisi, media, dan pelaku usaha," jelas Boy Rafli.

Hal senada disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD, pentingnya membangun sinergisitas dalam memberantas radikalisme dan terorisme.

"Sinergitas tersebut tentunya akan sangat membantu serta mendukung tugas dan fungsi BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme yang menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018," kata Mahfud MD.

Dikatakan Mahfud MD, sesudah 12 tahun ini ternyata sudah punya jaringan-jaringan yang struktural dibangun, kemudian yang secara informal juga dibangun, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Kekuatan-kekuatan masyarakat, pemerintah, swasta dan sebagainya dibangun terus. Sehingga, jaringan-jaringan yang sudah dibangun selama setahun ini, perlu disinergikan agar menjadi lebih bermakna," tutupnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala PPATK, Kepala Badan Informasi Geospasial, Sesmenko PMK, Pejabat Eselon 1 dari kementerian/lembaga yang tergabung dalam tim sinergisitas, para penyintas, mitra deradikalisasi dan duta damai dunia maya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8315 seconds (0.1#10.140)