KSAD Dudung Jadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu, Diberi Gelar Datuk

Selasa, 19 Juli 2022 - 06:49 WIB
loading...
KSAD Dudung Jadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu, Diberi Gelar Datuk
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penyematan keris dan gelar adat Datuk dari Lembaga Adat Melayu Jambi. Foto/dispenad
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dikukuhkan menjadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi. Dalam pengukuhan oleh Ketua Umum LAM Jambi Hasan Basri Agus tersebut, Dudung memperoleh gelar “Datuk”.

Bagi Dudung, ini merupakan gelar adat ke delapan. Pemberian gelar ditandai dengan pemasangan lacak, penyematan PIN, serta pemasangan kain songket dan keris.

“Dengan anugerah dan gelar Datuk ini, semoga menjadikan saya untuk lebih semangat memberikan pengabdian terbaik dalam membela bangsa dan menjadi pemimpin yang berani dalam mengambil keputusan,” ucap Dudung saat pengukuhan di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi pada Senin (18/7/2022), dikutip dari tniad.mil.id.



Dudung mengajak semua komponen bangsa yang ada di Jambi untuk menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan berlandaskan Pancasila.

Terutama, kata Dudung, untuk mencegah terjadinya konflik komunalistik yang sengaja dibuat oleh pihak-pihak atau kelompok tertentu untuk mengganggu stabilitas nasional.

“Apabila ada hal-hal atau pihak-pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, mari kita bersama-sama bertindak dan bersikap tegas karena kita negara yang bersatu dengan landasannya NKRI, tiangnya persatuan dan kesatuan, serta atapnya kebhinekaan. Inilah yang harus kita jaga bersama untuk mewujudkan negara Indonesia yang berdaulat,” ujar dia.

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Jambi Al Haris. Dia mengatakan, pengukuhan Dudung sebagai Anggota Kehormatan LAM adalah bentuk penghargaan dari masyarakat Jambi.



Menurut dia, kedatangan Dudung diyakininya membawa manfaat bagi masyarakat terutama dalam hal ketahanan pangan, pencegahan dan penanganan karhutla serta stunting di Jambi.

“Semangat luar biasa yang dibawa Jenderal Dudung ke Jambi ini, hendaknya menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih giat lagi membangun dan menyejahterakan masyarakat Jambi,” ujarnya.

Ketua LAM Jambi Hasan Basri mengingatkan bahwa penganugerahan ini mengukuhkan Dudung sebagai menjadi Datuk, yaitu tempat berlindun, pengasuh,, serta pembimbing seluruh anak negeri, terutama masyarakat Jambi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)