Sekjen PDIP: Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting bagi Kemajuan Bangsa

Minggu, 17 Juli 2022 - 20:09 WIB
loading...
Sekjen PDIP: Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting bagi Kemajuan Bangsa
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, mengatakan perguruan tinggi memiliki peran lebih penting dalam mewujudkan kepentingan nasional Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto, mengatakan perguruan tinggi memiliki peran lebih penting dalam mewujudkan kepentingan nasional Indonesia, bahkan dibanding militer sekalipun.

Hal itu didasarkan pada teori geopolitik Bung Karno, yang merupakan hasil riset doktoralnya di Universitas Pertahanan (Unhan) RI. “Politik, sains dan teknologi, teritorial dan demografi menempati peran penting dan signifikan dibandingkan militer, koeksistensi damai, dan sumber daya alam,” kata Hasto saat memberi pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (17/7/2022).

Variabel politik mencakup indikator ideologi, hukum dan diplomasi. Sedangkan variable sains & teknologi mencakup indikator pendidikan, city of intellect dan pendidikan dasar.

Baca juga: Gelar Konsolidasi Partai, Hasto Ingatkan Kader PDIP Taat Asas Bicara Capres

Maka perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Semisal, Universitas Palangka Raya, harus dibangun atas cara pandang geopolitik. Dengan cara pandang ini, maka kultur, adat-istiadat, dan seluruh aspek geografis harus menjadi fokus pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, melalui riset dan inovasi.

Baca juga: Buka KKN Kebangsaan 2022, Megawati Ajak Mahasiswa Jaga Keberagaman

“Melalui pemahaman terhadap teritorial ini, bagaimana flora dan fauna dapat dibudidayakan dengan baik. Bagaimana seluruh keanekaragaman pohon-pohonan, sumber-sumber pangan, serta kebudayaan masyarakat Kalimantan dapat dikembangkan atas cara pandang geopolitik,” urainya.

Selain itu, perguruan tinggi harus terdepan di dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan manusia Indonesia. Di dalam pendidikan tinggi inilah merit system dikembangkan dalam penempatan jabatan strategis.

Baca juga: Unik, Taruna Penghuni Paviliun 5A dan 5B Akmil Selalu Miliki Karier Moncer di TNI

“Di universitas inilah mahasiswa memiliki hak sepenuhnya berekspresi bagi peningkatan penguasaan iptek dan sekaligus kepemimpinannya bagi masa depan. Sedangkan kebinekaan menjadi landasan tidak boleh adanya politik diskriminasi. Hal ini juga terbukti di dalam sejarah, mengapa Jengis Khan mampu membangun imperium yang besar. Semua karena merit system,” tegas Hasto.

Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Singapura dan lain-lain, mampu membangun kemajuan karena bekerjanya merit sistem dan menempatkan pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai pilar kemajuan terpenting.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1128 seconds (10.177#12.26)