Ketum KNPI Haris Pertama Hadiri Malam Puncak Hari Belia Negara Malaysia

Sabtu, 16 Juli 2022 - 23:46 WIB
loading...
Ketum KNPI Haris Pertama Hadiri Malam Puncak Hari Belia Negara Malaysia
Ketum DPP KNPI Haris Pertama menghadiri undangan Majlis Makan Malam Hari Belia Negara Malaysia 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menghadiri undangan Majlis Makan Malam Hari Belia Negara Malaysia 2022. Acara ini digelar pada malam puncak peringatan Hari Belia Negara di SICC Kota Kinabalu, Negeri Sabah Malaysia pada Sabtu, (16/7/2022).

Pada Majlis Makan Malam Hari Belia Negara Malaysia 2022 yang diselenggarakan di Kota Kinabalu, Haris Pertama bersama rombongan Formatur DPP KNPI menjadi satu-satunya tamu negara sahabat yang hadir dalam acara tersebut.

"Undangan jamuan ini menjadi pertemuan yang istimewa bagi saya khususnya DPP KNPI dapat berjumpa bersama seluruh perwakilan pimpinan pemuda organisasi kepemudaan Malaysia yang berhimpun di Majlis Belia Malaysia (MBM) dan pimpinan Majlis Belia Negeri Sabah, dan KNPI menjadi satu-satunya undangan perwakilan dari negara Sahabat yang hadir", kata Haris.

Haris mengungkapkan, nilai strategis Negeri Sabah pada keberadaan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Negeri Sabah Malaysia memiliki peranan dan posisi strategis secara kawasan karena berada satu hamparan di dalam pulau Kalimantan apalagi kita ketahui saat ini Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara Indonesia," ujarnya.

"Selain itu, potensi ekspor sejumlah produk Indonesia ke Sabah terbuka lebar mengingat negara bagian Malaysia itu saat ini menjadi daerah tersibuk kedua di negeri Jiran setelah Kuala Lumpur dan jadi transit point bagi wisatawan maupun pengusaha Indonesia yang akan ke negara lain di sebelah utara seperti China, Taiwan, Korea dan Jepang", jelas Haris.

Menteri Belia dan Sukan Sabah Datuk Ellron Angin mengapresiasi kehadiran kunjungan Haris Pertama dan mengungkapkan peluang kemitraan strategis. "Kami ucapkan selamat datang negeri Sabah, dan saya berharap dapat terjalin kemitraan strategis sebab bangsa Indonesia mempunyai peluang besar untuk menggarap potensi di Sabah, selain kedekatan lokasi maupun budaya, juga tidak sedikit orang Indonesia yang tinggal di Sabah", kata Datuk Ellron Angin.

Selain itu, Datuk Ellron Angin juga mengungkapkan harapanya agar hubungan pemuda Sabah dan KNPI semakin erat dengan menginisiasi adanya komunitas Pemuda Borneo.

"Semoga KNPI bersama Majlis Belia Sabah dapat mendorong adanya komunitas pemuda Borneo dalam meningkatkan pembangunan budaya dan hubungan diplomasi antar negara dengan potensi banyaknya kemiripan budaya dan kondisi geografis Sabah dan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Pada pertemuan tersebut Haris Pertama memberikan cinderamata sebuah buku berjudul"Haris Pertama, Mendobrak Kebuntuan Gerakan Pemuda Pasca Reformasi" kepada Menteri Belia dan Sukan Negeri Sabah, Datuk Ellron Angin dan Presiden Majlis Belia Sabah Abqaree Fawwaz Abekan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)