Ziarah ke Makam Bung Karno, Partai Mahasiswa Indonesia Harap Dapat Warisi Semangat Juang

Sabtu, 16 Juli 2022 - 02:45 WIB
loading...
Ziarah ke Makam Bung Karno, Partai Mahasiswa Indonesia Harap Dapat Warisi Semangat Juang
Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) Eko Pratama menyampaikan harapan besarnya agar para pengurus dan kadernya bisa meneladani semangat juang besar Ir Soekarno dalam upaya memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah terdahulu. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia ( PMI ) Eko Pratama menyampaikan harapan besarnya agar para pengurus dan kadernya bisa meneladani semangat juang besar Ir Soekarno dalam upaya memerdekakan Indonesia dari tangan para penjajah terdahulu. Hal ini disampaikan Eko saat berziarah ke makam Bapak Proklamator Indonesia Ir Soekarno di Blitar, Jawa Timur pada Jumat (15/7/2022).

"Kita harus mengingat kembali sejarah untuk apa kemerdekaan itu diperjuangkan," kata Eko.

Ziarah makam Bung Karno tersebut merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Nasional Partai Mahasiswa Indonesia. Dikatakan Eko, Bung Karno adalah sosok bapak bangsa yang diidolakan oleh kawula muda Indonesia.





Tak heran banyak orasi yang disampaikan dan pemikiran-pemikiran dari Bung Karno yang dijadikan kutipan untuk membakar semangat dalam menjalani kehidupan bernegara. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut (gunung) Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Dan perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. Itulah salah satu kutipan Bung Karno yang menginspirasi," ujarnya.

Tidak hanya itu, Eko menyebut bahwa Bung Karno selalu berpesan agar bangsa Indonesia selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Karena itu merupakan modal utama dari kekuatan Indonesia sebagai national state.

"Tidak ada bangsa besar tanpa adanya kerukunan. Tidak ada bangsa yang besar tanpa ada persatuan. Tidak ada pembangunan jika tidak ada kerukunan dan kedamaian. Dalam sejarah, negara kuat selalu menjaga persatuan dan keutuhan negaranya dan Partai Mahasiswa akan menjadi bagian dari kelompok yang menjaga hal tersebut," tutur Eko.

Terakhir, ia pun berharap besar agar partai yang kini dipimpinnya bisa memberikan kontribusi yang aktif dan positif bagi bangsa dan negara ke depannya. "Semoga hadirnya Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) dapat memberikan perubahan-perubahan yang positif untuk pengawalan kepentingan rakyat demi kemajuan negara Indonesia," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)