Maknai Ojo Kesusu, Survei LSN: Totalitas Kerja Prabowo terhadap Jokowi Bikin Elektabilitasnya Kian Meroket

Jum'at, 15 Juli 2022 - 19:14 WIB
loading...
Maknai Ojo Kesusu, Survei LSN: Totalitas Kerja Prabowo terhadap Jokowi Bikin Elektabilitasnya Kian Meroket
Presiden Jokowi berdama Menhan Prabowo Subianto dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar menunaikan salat Idul Adha 1443 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (10/7/2022). FOTO/MPI/ALDHI CHANDRA
A A A
JAKARTA - Totalitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam menjalankan tugasnya, ternyata diapresiasi positif oleh publik dan ini turut berkontribusi dalam peningkatan elektabilitas Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2024. Hal tersebut adalah salah satu temuan dalam survei nasional terbaru yang dilaksanakan Lembaga Survei Nasional (LSN).

Keseriusan Prabowo Subianto bekerja untuk pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), pada gilirannya juga berefek positif terhadap mulai mengalirnya dukungan dari para pemilih Jokowi pada Pilpres 2019.

"Dapat dipahami setiap kali Jokowi didesak oleh sebagian elite pendukungnya untuk menjatuhkan pilihan pada Ganjar Pranowo, selalu dijawab dengan kata-kata ojo kesusu (jangan buru-buru). Pernyataan Jokowi yang diulang mengindikasikan bahwa ada tokoh lain yang lebih realistis dan objektif untuk didukung, yakni Menhan Prabowo Subianto," ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Jumat (15/7/2022).



"Prabowo terbukti diapresiasi publik sebagai menteri terbaik dan telah total mengabdi untuk kepentingan nasional, serta tidak sibuk bersolek untuk kontestasi Pilpres 2024," imbuhnya.

Pada survei LSN Februari 2022, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 21,9% dan berada di posisi puncak. Pada survei LSN Juni 2022 elektabilitas Prabowo meningkat cukup signifikan menjadi 29,5%, juga masih di posisi teratas. Kenaikan elektabilitas Prabowo ini terjadi di tengah elektabilitas sejumlah tokoh lain yang cenderung stagnan bahkan menurun.

Ketika LSN bertanya pada responden siapa yang akan dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan saat ini, sebanyak 29,5% mengaku akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian sebanyak 23,1% menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo, lalu 18,5% menegaskan pilihannya kepada Anies Baswedan.

Baca juga: Survei Indopol: Duet Prabowo-Muhaimin Unggul dalam Simulasi 3 Paslon

"Sementara itu, tokoh-tokoh papan tengah elektabilitasnya cenderung stagnan dan sebagian menurun, seperti Ridwan Kamil (7,6%), Sandiaga Uno (4,2%), Ahok (2,6%), dan Agus Harimurti Yudhoyono (2,5%)," tuturnya.

Selain itu, berdasar pada temuan LSN, sebanyak 35,3% pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Sisanya tersebar memilih tokoh-tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY, Moeldoko, Ahok, Puan dan sebagainya.

Di lain sisi, berdasar survei tersebut, dukungan untuk Prabowo juga dari warga nahdliyin atau NU pasaca terbentuknya koalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.

Berdasarkan survei LSN yang dilakukan dengan menggunakan metode cross-tabulation, sebanyak 41,5% responden mengaku warga atau simpatisan NU akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini.

Adapun, 24,2% mengaku akan memilih Ganjar Pranowo dan hanya 13,8% yang menyatakan akan memilih Anies Baswedan. Sementara itu, sisanya 11,2% akan memilih tokoh-tokoh lain dan 10,3% belum punya pilihan (undecided).

Dibandingkan survei LSN Februari 2022, terjadi peningkatan dukungan yang signifikan terhadap Prabowo Subianto di kalangan kaum nahdliyin. Saat itu baru sekitar 25,3% anggota atau simpatisan NU yang menyatakan memilih Prabowo Subianto, namun kali ini mereka yang akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra itu melesat cukup signifikan menjadi 41,5%.

Hasil survei LSN kali ini mengindikasikan bahwa terbentuknya koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Gerindra dan PKB cukup berdampak pada elektabilitas Prabowo Subianto di kalangan kaum nahdliyin.

Untuk diketahui, survei LSN dilaksanakan pada 10 sampai 24 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 1.500 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan responden dipandu dengan kuesioner.

Adapun, ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 2,53% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan Biro Pusat Statistik.

Berikut 10 Tokoh dengan elektabilitas tertinggi berdasar survei LSN:
1. Prabowo Subianto 29,5%
2. Ganjar Pranowo 20,9%
3. Anies Baswedan 18,5%
4. Ridwan Kamil 7,6%
5. Sandiaga Uno 4,2%
6. Basuki Tjahaya Purnama 2,6%
7. Agus Harimurty Yudhoyono 2,5%
8. Moeldoko 2,4%
9. Dedi Mulyadi 2,1%
10. Erick Thohir 1,7%
Undecided 4,6%
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1496 seconds (11.252#12.26)