Hari Ini Gelombang Pertama Kepulangan Jamaah Haji, Pemerintah Gelar Screening

Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:24 WIB
loading...
Hari Ini Gelombang Pertama Kepulangan Jamaah Haji, Pemerintah Gelar Screening
Gelombang pertama jamaah haji mulai tiba di Indonesia pada Jumat (15/7/2022). Hal ini dikatakan oleh Jubir Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gelombang pertama jamaah haji akan mulai tiba di Indonesia pada Jumat (15/7/2022). Hal ini dikatakan oleh Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro.

Pemerintah kata Reisa akan melaksanakan screening di masing-masing asrama haji sebagai antisipasi penanggulangan Covid-19 nasional yang selama beberapa waktu terakhir meningkat tajam akibat penyebaran varian baru Omicron Covid-19 yakni BA4 dan BA5.



Para jamaah yang baru pulang dari tanah suci untuk menunaikan ibadah haji kata Reisa Broto Asmoro akan dilaksanakan observasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Observasi terhadap jamaah di asrama haji embarkasi, jika ada demam, dilakukan pemeriksaan dan antigen, jika positif akan dirujuk ke pusat isolasi terpusat untuk tanpa gejala atau gejala ringan, yang sedang dan berat ke rumah sakit rujukan Covid-19," jelas Reisa Broto Asmoro.

Bagi jamaah yang sudah menjalani observasi di asrama haji dan hasil tes Covid-19 negatif, kata Reisa dapat pulang ke rumah dan memantau kondisi kesehatannya selama dua pekan.

"Yang negatif bisa pulang ke rumah dan memantau kesehatan nya dalam 14 hari. Kami juga sudah meminta 10-30 persen kapasitas RS harus disiapkan bersama alkes, SDM, APD. Dengan kerja sama semua pihak dapat menekan semua kasus," pungkas Reisa Broto Asmoro.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)