Daftar 5 Gubernur atau Mantan Gubernur yang Hafal Quran

Kamis, 14 Juli 2022 - 20:56 WIB
loading...
Daftar 5 Gubernur atau Mantan Gubernur yang Hafal Quran
Mantan Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi merupakan seorang penghafal Al-Quran. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur hafal Quran di Indonesia ternyata cukup banyak. Mereka tergolong istimewa, karena selain memiliki keahlian memimpin, juga mempunyai pemahaman terhadap agama yang mendalam.

Menjadi gubernur hafal Quran tentunya tidak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual dalam memimpin, tapi juga memiliki pertimbangan dari moral dan spiritual. Apalagi memahami ajaran agama juga menjadi salah satu syarat menjadi pemimpin dalam Islam.

Untuk menjadi penghafal atau tahfiz Quran bukan perkara mudah. Perlu banyak waktu dan fokus dalam waktu yang lama untuk mampu menghafalkan seluruh ayat-ayat suci di Al Quran. Namun ternyata beberapa gubernur di Indonesia merupakan penghafal Quran.

Baca juga: Kutip Pendapat Imam Al-Ghazali, TGB: Jangan Bedakan Syariat dan Akal

Berikut ini 5 Gubernur atau Mantan Gubernur yang Hafal Quran:

1. Prof Dr H Irwan Prayitno, Spsi, Msc (Mantan Gubernur Sumatera Barat)
Daftar 5 Gubernur atau Mantan Gubernur yang Hafal Quran

Irwan Prayitno memulai menjabat sebagai Gubernur pada 15 Agustus 2010 sampai 12 Februari 2021 atau selama dua periode. Sebelum menjadi gubernur, ia merupakan anggota DPR sejak 1999.

Mantan Gubernur Sumatera Barat ini juga sempat menuangkan pendapatnya terhadap penyusunan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU), termasuk penggunaan sumber energi alternatif panas bumi.

Selama menjabat gubernur hafal Quran ini telah memiliki 10 anak yang semuanya ini diajari untuk menghafal Al-Qur'an.

2. KH Abdul Ghani Kasuba, Lc (Gubernur Maluku Utara)
Daftar 5 Gubernur atau Mantan Gubernur yang Hafal Quran

Gubernur Maluku Utara ini sedang menjalani periode keduanya. Abdul Ghani Kasuba memulai masa kepemimpinannya sejak 2013 lalu. Sebelum menjadi gubernur dia menjabat sebagai Wakil Gubernur periode 2008 sampai 2013, dan pernah menjadi anggota DPR periode 2004-2007.

Pria yang sempat bersekolah di Islamic University Madinah Fakultas Dakwah juga merupakan salah satu gubernur hafal Quran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)