Menpora Amali Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-76 yang Dipimpin Langsung Presiden Joko Widodo

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:41 WIB
loading...
Menpora Amali Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-76 yang Dipimpin Langsung Presiden Joko Widodo
Menpora Zainudin Amali menghadiri upacara Hari Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia, di Lapangan Bhayangkara Akpol, JL. Sultan Agung, Candi Baru, Semarang, Jawa Tengah.
A A A
SEMARANG - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri upacara Hari Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia, di Lapangan Bhayangkara Akpol, Jl Sultan Agung, Candi Baru, Semarang Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022) pagi.

Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan ia menaruh harapan besar kepada Polri karena besarnya kewenangan dan luasnya jangkauan organisasi hingga pelosok penjuru negeri.

"Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri. Kewenangan Polri sangat besar, organisasi Polri menembus sampai tingkat Desa, dan setiap hari anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan rakyat," ucapnya.

Presiden menambahkan bahwa keberadaan Polri selalu dalam pengamatan dan penilaian rakyat, maka harus terus berbenah menjadikan setiap pelayanan, pengayoman yang terbaik kepada rakyat.

Berdasarkan survey terbaru, 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai visi presisi, namun 28,6 persen menyatakan belum selesai. Setiap hari melalui media konvensional dan sosial mudah diakses, setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

"Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat. Oleh karena itu bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi," pesan presiden.

Terakhir, Polri harus mengedepankan tindakan humanis dalam menyelesaikan setiap perkara, dengan tidak meninggalkan ketegasan disaat diperlukan sebagai jalan akhir. "Polri harus tetap mengedepankan humanis, penegakan hukum secara tegas merupakan jalan terakhir," tuturnya.

Upacara dihadiri Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 Try Sutrisno, Wapres ke-9 Hamzah Haz, Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mendampingi Presiden, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pimpinan lembaga negara.

Usai upacara banyak atraksi yang ditampilkan seperti terjun payung, formasi lintas heli, tari kolosal, dan ditutup dengan syukuran yang ditandai pemotongan tumpeng besar di atas mobil hias oleh Presiden yang diserahkan kepada Kapolri. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5628 seconds (0.1#10.140)