Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri, Pimpin 4 Peraih Adhi Makayasa 2022 Bacakan Sumpah

Kamis, 14 Juli 2022 - 09:42 WIB
loading...
Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri, Pimpin 4 Peraih Adhi Makayasa 2022 Bacakan Sumpah
Presiden Jokowi memberikan menyematkan Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik Akmil, AAU, AAL dan Akpol 2022. Foto/youtube setprees
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melantik Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022) hari ini. Jokowi bertindak selaku inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 itu.

Para perwira remaja ini dilantik berdasarkan Keppres No.44/TNI Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI menjadi Perwira TNI dan Keppres No.45/Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian menjadi Perwira Kepolisian.

"Atas nama pribadi masyarakat bangsa dan negara saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan saudara-saudara para perwira, para ksatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Daftar Lengkap Peraih Adhi Makayasa 2022

Dalam upacara tersebut, Jokowi juga memimpin pembacaan sumpah perwakilan perwira TNI-Polri. Jokowi juga menyematkan tanda penghargaan kepada empat orang peraih Adhi Makayasa tahun 2022. Mereka adalah yaitu Rafi Naufal Afriansyah dari Akademi Militer (Akmil); Elang Tri Esthi Fitrananda dari Akademi Angkatan Laut (AAL); Jeremia Zophie Pramudya dari Akademi Angkatan Udara (AAU); dan Adira Rizky Nugroho dari Akademi Kepolisian (Akpol).

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata Jokowi diikuti para perwira TNI-Polri.

"Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga," kata Jokowi.



"Khusus perwira Polri bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi tribata dan catur prasetya," ujar Jokowi.

Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," kata Jokowi.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2226 seconds (10.177#12.26)