Covid-19 Meningkat Lagi, Imbauan Pakai Masker Harus Jadi Perhatian

Rabu, 13 Juli 2022 - 20:52 WIB
loading...
Covid-19 Meningkat Lagi, Imbauan Pakai Masker Harus Jadi Perhatian
Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen menilai imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat kembali menggunakan masker di dalam maupun di luar ruangan saat ini sangat penting. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Diketahui, positif Covid-19 di Indonesia pada Rabu 13 Juli 2022 bertambah 3.822 kasus.

Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen mengimbau masyarakat jangan sampai lengah. Dia menilai imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat kembali menggunakan masker di dalam maupun di luar ruangan saat ini sangat penting.

“Kita jangan sampai lengah terhadap lonjakan Covid-19. Kita jangan sampai kecolongan dua atau tiga kali. Jadi, saat ini kita harus waspada dan ketat secara prosedur untuk situasi normal baru. Penggunaan masker jadi penting," ujar Nabil, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Ini Sebaran 3.822 Kasus Covid-19 di Indonesia 13 Juli 2022



Dia juga meminta agar pemerintah memperketat pintu masuk di imigrasi, kawasan perbatasan, bandara, dan pelabuhan. Pasalnya, mobilitas masyarakat sangat tinggi di sejumlah wilayah itu. "Sangat penting untuk kita kawal. Ini harus jadi prioritas kita," tuturnya.

Menurutnya, perlu ada edukasi yang lebih segar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker. Kampanye penggunaan masker yang lebih segar dan mengena di publik.

Selain itu, tokoh masyarakat juga harus memberikan contoh dalam upaya mencegah penularan Covid-19. "Tidak perlu (kampanye penggunaan masker) seremonial, tapi yang mengena betul di publik kita. Jadi, kampanye ini penting. Juga ada keteladanan dari pemimpin kita," pungkasnya.

Diketahui, kasus aktif Covid-19 Tanah Air lebih dari 20 ribu dalam sepekan terakhir. Mayoritas orang yang terpapar harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Masalahnya, angka positivity rate saat ini sudah melewati ambang batas aman WHO.

Kepala Sub Bidang Dukkes Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting mengaku khawatir kemungkinan besar Covid-19 bereplikasi hingga bermutasi menjadi lebih buruk jika penularan virus itu terus terjadi. Dia menuturkan, agar penularan tidak semakin masif, maka harus menerapkan protokol kesehatan.

“Terpenting adalah masker. Masker ini menjadi salah satu kewajiban kita untuk kita gunakan," kata Alexander.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1122 seconds (10.101#12.26)