Dekopin Ikrar Lawan Oligarki di Makam Bung Hatta

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:32 WIB
loading...
Dekopin Ikrar Lawan Oligarki di Makam Bung Hatta
Memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun yang jatuh pada 12 Juli 2022, Dekopin melaksanakan upacara dan ziarah ke makam Bung Hatta di TPU Tanah Kusir Jakarta, Selasa (12/7/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun yang jatuh pada 12 Juli 2022, Dewan Koperasi Indonesia ( Dekopin ) melaksanakan upacara dan ziarah ke makam Bung Hatta di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir Jakarta, Selasa (12/7/2022). Di atas pusara Bung Hatta, Dekopin mengikrarkan perlawanan terhadap oligarki.

Anggota DPD Jimly Asshiddiqie ditunjuk sebagai inspektur upacara Hari Koperasi. Dalam amanatnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengingatkan bahwa spirit koperasi harus menjadi paradigma untuk semua pelaku bisnis seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), korporasi, termasuk bangun usaha koperasi itu sendiri. Pelaku bisnis harus berjiwa koperasi dan gotong-royong.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Dekopin, Ferry Juliantono mengatakan, ziarah Dekopin ke makam Bung Hatta dan Rahmi Hatta untuk menghormati jasa-jasa Mohammad Hatta, baik sebagai Proklamator Kemerdekaan RI, mantan wakil presiden, maupun Koperasi Indonesia.

Baca juga: Dekopin Minta RUU PPSK Tak Hilangkan Jatidiri Koperasi

"Dekopin bertekad terus melanjutkan perjuangan Bung Hatta untuk membangun perekonomian nasional yang berbasis pada badan usaha koperasi. Sebab, koperasi adalah soko guru perekonomian nasional," kata Ferry di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya, Dekopin bertekad akan melawan praktik oligarki ekonomi untuk menegakkan kedaulatan rakyat. "Di pusara makam Bung Hatta ini kami mengikrarkan dan bertekad untuk mengadakan perlawanan terhadap oligarki," kata Ferry.

"Kita harus perjuangkan koperasi menjadi badan usaha yang penting untuk bangsa ini. Sebab tanpa itu, keadilan ekonomi akan mustahil ditegakkan di negeri kita," ujar Sekjen PP Syarikat Islam ini.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar perlawanan terhadap oligarki yang ditandatangani oleh Jimly Asshiddiqie, Ferry Juliantono, anggota DPD Silviana Murni, Gus Aam cucu pendiri NU KH Wahab Hasbullah, dan beberapa tokoh lainnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)