Puncak Haji 2022, Mulai Hari Ini Jamaah Indonesia Bergerak ke Arafah

Kamis, 07 Juli 2022 - 12:35 WIB
loading...
Puncak Haji 2022, Mulai Hari Ini Jamaah Indonesia Bergerak ke Arafah
Tenda jamaah haji Indonesia di Padang Arafah. Jamaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dalam 3 trip ke Padang Arafah, Kamis (7/7/2022). FOTO/MCH
A A A
JAKARTA - Jamaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dalam 3 trip ke Padang Arafah , Kamis (7/7/2022). Jamaah haji Indonesia akan dijemput dari hotel menuju Arafah menggunakan bus yang sudah disiapkan penyedia layanan di Masyair.

Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif menjelaskan, pada trip pertama jamaah haji diberangkatkan ke Arafah pada pukul 07.00-10.00 waktu Arab Saudi (WAS), kemudian pukul 10.00-14.00 WAS, dan trip terakhir pukul 14.00-17.00 WAS.

"Diharapkan sampai dengan pukul 17.00 seluruh jamaah haji sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah," kata Khanif di Makkah, Kamis (7/7/2022).



Khanif menjelaskan, nantinya pemberangkatan jamaah haji ke Arafah menggunakan 16 bus dari masing-masing maktab yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

"Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor tapi per maktab, jadi maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab," ujar Khanif.

Nantinya seluruh maktab akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke Arafah. Diketahui, jamaah haji Indonesia memiliki urutan maktab dari 1-43. "Masing-masing maktab akan memberangkatkan sesuai kesepakatan. Jadi berdasarkan kesepakatan tadi misalnya maktab 1 terdiri dari beberapa kloter mana yang diberangkatkan sesuai kesepakatan," ujarnya.

Baca juga: Ibadah Haji: Haruskah Mencium Hajar Aswad dan Mengusap Rukun Yamani?

Puncak Haji 2022, Mulai Hari Ini Jamaah Indonesia Bergerak ke Arafah

Ruangan tenda jamaah haji Indonesia di Arafah. FOTO/MCH

Para petugas haji yang tergabung dalam PPIH akan memonitor seluruh maktab untuk mengawal pergerakan jamaah haji Indonesia dari maktab 1 hingga maktab 43. "Sampai pukul 17.00 insyaAllah sudah berangkat semua dan kita berharap tahun ini semoga bisa lancar dan semua jamaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," kata Khanif.

Di sisi lain, para petugas di masing-masing sektor juga akan melakukan sweeping di hotel untuk memastikan seluruh jamaah terangkut naik bus menuju Arafah. "Setelah dinyatakan tidak ada jamaah, baru petugas diberangkatkan ke Arafah. Di Masjidil Haram kita ada petugas khusus, ini juga akan lakukan sweeping setelah jamaah diberangkatkan ke Arafah," katanya.

Khanif berharap jamaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat (8/7/2022) besok. "Jamaah juga bisa membawa bekal makanan seperti kurma dan sebagainya untuk tambahan supaya lebih menyegarkan badan lagi dan jangan lupa karena ini cuaca panas mungkin selalu bawa air minum," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)