Survei PWS: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik, Paling Layak Jadi Capres 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 20:22 WIB
loading...
Survei PWS: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik, Paling Layak Jadi Capres 2024
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pun menduduki peringkat pertama sebagai menteri dengan kinerja terbaik dan layak jadi capres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei terkait kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju dan menteri layak yang menjadi capres 2024. Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pun menduduki peringkat pertama sebagai menteri dengan kinerja terbaik dan layak jadi capres 2024.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 15 hingga 28 Juni 2022, sebanyak 15,1% responden menilai bahwa Prabowo merupakan menteri dengan kinerja terbaik.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih dipersiapkan publik sebagai menteri dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf yang kinerjanya paling baik (15,1%), disusul Menparekraf Sandiaga Uno (11,8%), Menteri BUMN Erick Thohir (11,4%), Mensos Tri Rismaharini (11,3%), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (9,4%)," kata peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM, Rabu (6/7/2022).

Prabowo Subianto, menteri yang dikenal sungguh-sungguh dalam kerja dan berprestasi itu juga bertengger di urutan satu sebagai menteri yang layak jadi capres dengan penilaian sebesar 40,5%.



"PWS menanyakan kepada responden, siapakah di antara para menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang paling layak maju sebagai capres pada Pemilu 2024, ternyata bagian terbesar publik (40,5%) menyebut nama Menhan Prabowo Subianto," kata Tidzi.

Sebelumnya, PWS juga sempat merilis hasil survei yang dilakukan pada Januari 2022, dan menunjukkan bahwa sebanyak 15% publik menilai Prabowo merupakan menteri dengan kinerja terbaik. Artinya, Prabowo mengalami kenaikan 1% dalam kurun waktu 5 bulan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan menteri-menteri lain yang mengalami penurunan dari survei sebelumnya.

"PWS menilai stabilnya elektabilitas Prabowo adalah karena totalitas pengabdian Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI," ucap Tidzi.

Adapun nama menteri atau pejabat lain yang juga dinilai publik layak nyapres pada Pemilu 2024 mendatang adalah Menparekraf Sandiaga Uno (15,4%), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (10,2%), Menteri BUMN Erick Thohir (8,7%), dan Mensos Tri Rismaharini (7,5%).

"Sementara itu Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan juga masuk daftar menteri yang layak nyapres pada 2024 nanti, namun elektabilitasnya tidak begitu signifikan," ucap Tidzi.

Sebagai informasi, survei PWS dilaksanakan pada tanggal 15-28 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Margin of error +/- 2.6 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50% laki-laki, dan 50% perempuan, serta 60% penduduk pedesaan dan 40% penduduk perkotaan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4216 seconds (0.1#10.140)