Mutasi TNI, Jenderal Kopassus Akmil 92 Susul Maruli Simanjutak Tembus Bintang 3

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:25 WIB
loading...
A A A
Sebagai Dankoopsus TNI, Richard berarti memegang tongkat komando tertinggi pasukan khusus gabungan yang terdiri atas pasukan elite tiga matra yakni, Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Korpaskhas TNI AU.

Berbagai jabatan lain sebelumnya yang pernah dipegang yakni Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I). Kasdam VI Mulawarman, Danrem 023/Kawal Samudera, Danrindam VI/Mulawarman. Selain itu, Richard Tampubolon juga pernah menduduki jabatan penting di satuan elite TNI AD yakni, Pabandya Lid Sintel Makopassus, Danyon 11/Group 1 Kopassus, Wadangroup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus pada 2014, Dangroup 2 Kopassus, Dangroup 3 Kopassus hingga Wadanjen Kopassus pada 2017.

Serdadu berdarah Batak ini juga kenyang dengan berbagai penugasan di medan operasi mulai operasi di Timor Timur, operasi penanganan konflik sosial di Ambon, Maluku, hingga pembebasan sandera yang dilakukan Abu Sayaf pada 2016 silam. Pasukan yang dipimpin Richard menjadi sorotan saat menyisir Markas Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 November 2020.

Saat itu, iring-iringan kendaraan taktis (Rantis) Koopssus TNI yang dikawal patrol bermotor dari arah Slipi Jaya, berhenti di depan gang Markas FPI sambil membunyikan sirine. "Itu melintas perjalanan kembali ke markas," ucap Richard ketika dikonfirmasi.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4557 seconds (0.1#10.140)