Prabowo: Indonesia Berhasil Ciptakan Ketahanan Nasional di Tengah Tantangan Besar Dunia

Senin, 04 Juli 2022 - 11:04 WIB
loading...
Prabowo: Indonesia Berhasil Ciptakan Ketahanan Nasional di Tengah Tantangan Besar Dunia
Menhan Prabowo Subianto mengatakan ketahanan nasional Indonesia diakui dunia internasional. Foto/ist
A A A
MALNG - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil menghadapi pandemi dan mengendalikan ekonomi di tengah segala tantangan besar global saat ini. Hal ini, kata Prabowo, adalah wujud ketahanan nasional sebuah bangsa.

Prabowo mengatakan, Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini dinilai dunia internasional memiliki ketahanan nasional yang baik karena mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan perekonomian.

Baca juga: Prabowo Tekankan 5 Syarat Ketahanan Negara dari Swasembada sampai Angkatan Perang

“Pemerintahan Joko Widodo dinilai oleh banyak negara di dunia. Kita dinilai termasuk negara yang berhasil menghadapi pandemi, berhasil mengendalikan ekonomi di tengah tantangan yang begitu besar,” ujarnya usai memberikan kuliah umum Ketahanan Nasional dalam Rapat Kerja Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Fordekiisi) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Minggu (3/7/2022).

Prabowo dalam kuliah umum tersebut menyampaikan arti penting dari ketahanan nasional bagi kalangan akademik. Hal tersebut terkait dengan posisi Indonesia dalam politik internasional.



Menurut Prabowo, ketahanan nasional Indonesia dan potensi dari keunggulan bangsa yang ada saat ini sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh akademisi dan generasi penerus masa yang akan datang.

"Saya kira sangat penting terutama di kalangan cendikiawan, akademisi untuk paham benar posisi kita. Kita negara sangat besar sangat kaya, dan kita cukup berhasil," kata Prabowo.

"Sebuah negara yang besar seperti Indonesia memiliki keunggulan dapat membangun ketahanan nasional dengan adanya sumber daya manusia yang unggul," ucapnya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1795 seconds (11.210#12.26)